Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2021, 08:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda GL 100 dan 125 merupakan salah satu leluhur dari motor sport Honda, sebelum diciptakannya Honda Tiger dan Honda Megapro.

Penggemarnya pun pada saat itu cukup banyak lantaran motor memiliki tenaga yang cukup besar di kelasnya.

Dokumentasi mengenai Honda GL 100 dan 125 pun banyak tersebar di dunia maya. Salah satunya video yang memperlihatkan iklan televisi Honda GL 100 dan 125 pada tahun 1979.

Baca juga: Jelang Penerapan Carbon Tax, Honda Pastikan Tak Ada Revisi Harga

Iklan tersebut dikemas dengan tampilan yang begitu klasik dengan suasana kental yang membuat para pecinta roda dua bernostalgia.

Tidak hanya itu, narasi ala iklan lawas yang dituturkan oleh pengisi suara pun sedikit mengelitik. Terutama saat sang narator mengatakan, “gejolak darah muda kejantanan”. Mungkin yang dimaksud motor ini cocok untuk para ABG yang ingin terlihat macho.

@ngangenin_85 Gejolak dara muda kejantanan, hemmmph ????#iklanjadul #honda #ngangenin #fyp ? suara asli - Ngangenin_

Sebagai informasi, Honda GL pertama kali muncul di ranah otomotif Tanah Air pada 1979. Motor ini hadir sebagai pendamping dari CB Series. Karena hal itu, Honda GL100 generasi pertama bisa dibilang penerus CB100 K5.

Motor ini datang dengan dua kapasitas mesin yang berbeda yakni 100 cc dan 125 cc, dan diklaim memiliki daya sebesar 12 tenaga kuda untuk versi 100 cc.

Mesin yang digunakan mirip dengan CB 100, karena masih pakai pengapian platina baru generasi terakhir menggunakan CDI.

Baca juga: Emosi di Jalan Bisa Bikin Boros Konsumsi BBM

Perjalanan Honda GL100 di Indonesia termasuk panjang karena baru berhenti diproduksi pada tahun 1994. Untuk generasi Honda GL 100 dan 125 generasi pertama diproduksi tahun (1979-1981), sementara generasi kedua diproduksi tahun (1982-1984), dan generasi terkahir di produksi tahun (1985-1994).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com