Ketika Airlangga Hartarto Mendadak Jadi Sopir Bus

Kompas.com - 10/10/2021, 08:19 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengemudikan bus listrik berkeliling halaman depan Balairung UGM. KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat mengemudikan bus listrik berkeliling halaman depan Balairung UGM.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan dua unit bus listrik dan dua microbus untuk almamaternya Universitas Gadjah Mada (UGM).

Usai menyerahkan bantuan kepada Rektor UGM Panut Mulyono, Airlangga kemudian mengemudikan bus berkeliling halaman depan Balairung UGM.

Baca juga: Jelang Penerapan Carbon Tax, Honda Pastikan Tak Ada Revisi Harga

"Saya terakhir nyopir 20 tahun yang lalu. Minggir, minggir," ujar Airlangga sembari menghidupkan mesin bus listrik, dikutip dari Regional Kompas.com. Sabtu (9/10/2021).

Ilustrasi menyetir mobiltravelers.com Ilustrasi menyetir mobil

Dengan perlahan Airlangga mengemudikan bus listrik. Bus itu berjalan pelan mengelilingi halaman depan Balairung UGM. Sesekali terdengar Airlangga membunyikan klakson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal pengemudi yang sudah lama tidak menyetir, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan, pengemudi membutuhkan waktu untuk beradaptasi kembali.

“Ibarat naik sepeda, perlu adaptasi kembali beberapa saat saja. Karena pada dasarnya psikomotorik kita sudah terlatih,” kata Marcell saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Emosi di Jalan Bisa Bikin Boros Konsumsi BBM

Marcell melanjutkan, waktu yang dibutuhkan untuk bisa lancar kembali dalam mengemudi kurang lebih sekitar 15 menit.

“Pengalaman saya, pernah ada murid kursus mengemudi yang ada tugas selama 3 bulan di luar negeri, sehingga tidak bisa latihan. Namun saat pelajar tersebut mengemudi kembali, hanya butuh waktu 15 menit saja untuk adaptasi,” katanya.

Marcell mengatakan, sebaiknya jika sudah lama tidak berkendara, melakukan adaptasi pada area yang sepi terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.