Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobilitas Meningkat, Satlantas Polres Karanganyar Kaji Penerapan Ganjil Genap

Kompas.com - 09/10/2021, 14:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Satlantas Polres Karanganyar, Jawa Tengah akan membahas mengenai penerapan ganjil genap di kawasan wisata lereng Gunung Lawu.

Pasalnya, pengalihan jalur kendaraan bermotor di kawasan tersebut dinilai belum efektif mengatasi kemacetan lalu lintas terutama pada akhir pekan.

Baca juga: Catat, Ini 10 Lokasi di Jakarta yang Bakal Terapkan Tarif Parkir Mahal

Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko mengatakan penerapan ganjil genap sedang diseriusi dengan stakeholder dari pemerintah daerah dan instansi lainnya.

Menurutnya, itu merupakan opsi efektif mengurai kemacetan lalu lintas di jalur menuju Jenawi, Ngargoyoso dan Tawangmangu.

Kemacetan di kawasan wisata Tawangmangu sering kali terlihat pada saat memasuki akhir pekan. Terlebih lagi saat ini wilayah Kabupaten Karanganyar sudah menyandang status PPKM level 2.

Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Setiap akhir pekan di masa PPKM level 2 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, petugas memberlakukan sistem ganjil genap di jalur Puncak.

“Bagaimana legalitas penerapan ganjil genap dan faktor lainnya, masih akan dibahas dengan pihak terkait,” kata Sarwoko dilansir NTMC Polri Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Menipis

Merujuk Instruksi Bupati (Inbup) Karanganyar Nomor 180/38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 Corona, tertuang dalam poin K nomor 4.

Dalam intruksi tersebut dijelaskan bahwa penerapan ganjil genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi wisata akan diberlakukan setiap Jumat pukul 12.00 WIB sampai dengan Minggu pukul 18.00 WIB.

Ilustrasi penerapan ganjil genap. Foto petugas yang berjaga di titik penerapan ganjil genap Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Yogi RachmanANTARA/Yogi Rachman Ilustrasi penerapan ganjil genap. Foto petugas yang berjaga di titik penerapan ganjil genap Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Yogi Rachman

Selama ini Satlantas Kabupaten Karangayar telah memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan wisata Tawangmangu.

Baca juga: Kecelakaan Bus di Tol Pemalang, Sopir Diduga Mabuk

Namun dibutuhkan langkah akselerasi seperti penerapan ganjil genap yang memperbolehkan kendaraan yang melintas hanya berpelat nomor ganjil atau genap.

Selain koordinasi, Sarwoko juga akan mempelajari skema ganjil genap yang sudah diterapkan di beberapa wilayah yang telah lebih dahulu menerapkannya. Seperti kawasan Puncak Bogor maupun Banyumas, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com