Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bastianini Mulai Percaya Diri Bisa Bersaing Lebih Kuat

Kompas.com - 29/09/2021, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Enea Bastianini mendapat motivasi besar untuk menghadapi balapan pada MotoGP Amerika di Sirkuit Austin Texas, akhir pekan ini, Minggu (3/10/20210). Sebab, dia sudah berhasil meraih podium pertamanya pada seri sebelumnya.

Bastianini menampilkan performa yang luar biasa pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Italia. Start dari posisi ke-12, dia mampu finis di posisi ketiga.

Baca juga: Bastianini Yakin Menang Jika Hasil Kualifikasi Bagus

Mengejutkannya lagi, performanya itu ditunjukkan dengan Desmosedici GP19. Motor balap Ducati yang digunakannya itu adalah versi 2019.

Ducati-Avintia Italian rider Enea Bastianini rides his bike during the third MotoGP free practice session ahead of the Moto Grand Prix of Aragon at the Motorland circuit in Alcaniz on September 11, 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Ducati-Avintia Italian rider Enea Bastianini rides his bike during the third MotoGP free practice session ahead of the Moto Grand Prix of Aragon at the Motorland circuit in Alcaniz on September 11, 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Saya belajar banyak di balapan Misano. Luar biasa juga bisa menyalip Marc Marquez dan Jack Miller saat pengereman," ujar Bastianini, dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Selasa (28/9/2021).

Bastianini mengatakan, dia harus mengenal motornya lebih baik di sepanjang akhir pekan. Contohnya, seperti saat di Aragon, dia berada di trek tanpa ada pebalap lain di depannya.

Baca juga: Kemenangan Kedua Bagnaia, Kejutan dari Bastianini

"Saya lebih fokus dan membalap sendiri, dan itu keputusan yang bagus untuk saya," kata Bastianini.

Ducati-Avintia Italian rider Enea Bastianini steers his motorbike during the first free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 13, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)JOE KLAMAR Ducati-Avintia Italian rider Enea Bastianini steers his motorbike during the first free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 13, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

Pebalap asal Italia itu mengaku dirinya bisa kencang di beberapa trek dan di beberapa balapan dengan motor 2019 tersebut, salah satunya adalah Misano.

"Saya tidak begitu kencang di pertengahan tikungan pada tikungan lambat, tapi saya bisa mengerem lebih lambat dibanding pebalap lain. Selain itu, saya juga punya traksi yang bagus saat di Misano," ujar Bastianini.

Pebalap Esponsorama Racing Enea Bastianini saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, 3 April 2021. AFP/KARIM JAAFAR Pebalap Esponsorama Racing Enea Bastianini saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Doha di Sirkuit Losail, Qatar, 3 April 2021.

Menurutnya, GP19 miliknya punya potensi yang bagus. Namun, dia juga mengatakan bahwa motornya itu sangat agresif. Saat pertama kali mengendarai motornya, dia langsung bekerja keras untuk beradaptasi soal gaya balapnya.

"Saya lihat data Pecco dan Jack. Ini motor yang berbeda, tapi DNA-nya mirip. Sekarang, saya lebih rileks ketika saya mengendarai motor," kata Bastianini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com