Jangan Malas, Prilaku Ini BIkin Motor Cepat Rusak di Musim Hujan

Kompas.com - 28/09/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan federaloil.co.idIlustrasi berkendara saat hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang tinggi membuat sebagian banyak pengendara menjadi cuek pada sepeda motornya sendiri, terkhusus prihal kebersihan. Apalagi jika berlangsungnya hujan sangat lama dan larut.

Padahal, membersihkan motor merupakan prilaku penting untuk menjaga beberapa komponen terawat di samping eksterior yang selalu bersih. Mengingat, air hujan memiliki kandungan zat asam yang merugikan kendaraan.

"Bila repot, cukup perhatikan cat bodi, rantai, dan suspensi. Baiknya sih tiap motor diguyur hujan segera dibersihkan atau dicuci," kata Joey Tumanduk, pemilik Fusion Motocare and Detailing kepada Kompas.com.

Baca juga: Motor Mogok Akibat Terabas Banjir, Coba Tiup Cangklong Busi

Ilustrasi berkendara saat hujanastramotor.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Sebab, lanjut dia, hujan ada kandungan zat asam yang bisa mempengaruhi permukaan bodi motor. Jika dibiarkan terlalu lama, bisa membuat permukaannya jadi terlihat kusam.

Dalam kesempatan terpisah, Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, membiarkan air hujan yang tak dibersihkan cepat membuat rantai berkarat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kandungan zat asam pada air hujan dapat membuat rantai motor menjadi berkarat," kata Ade, dalam keterangan resmi.

Rantai motor yang berkarat menimbulkan suara kasar, karena membuat pergerakan rantai jadi terganggu. Selain itu, rantai juga berpotensi lebih cepat putus.

Baca juga: Muncul Motor Kloningan BMW S1000RR Tanpa Identitas

Ilustrasi berkendara saat hujanmotorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan

Sementara di bagian suspensi, kotoran atau debu yang menumpuk juga dapat menyebabkan kerusakan pada as sokbreker hingga mengakibatkan kebocoran pada suspensi.

"Apalagi kalau musim hujan, sering kotor, masuk air, sering-sering bersihkan bagian suspensi," kata Joey.

Untuk itu, perlu membiasakan diri agar tidak malas mencuci motor pada saat musim hujan. Sebab, motor yang jarang dicuci dapat mengalami kerusakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.