Ini Estimasi Harga Sewa Taksi Terbang EHang 216

Kompas.com - 28/09/2021, 19:31 WIB
Prestige Image Motorcars memperkenalkan kendaraan udara otonom berpenumpang (AAV) EHang 216. KOMPAS.com/GilangPrestige Image Motorcars memperkenalkan kendaraan udara otonom berpenumpang (AAV) EHang 216.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran taksi terbang asal China, EHang 216 yang dibawa langsung oleh importir umum Prestige Image Motorcars di Indonesia menjadi perbincangan tersendiri para pecinta otomotif dalam negeri.

Mengingat, kendaraan autonomous aerial vehicle (AAV) tersebut dipercaya menjadi transportasi masa depan yang bisa mengatasi kemacetan lalu lintas. Tetapi, saat ini pengoperasiannya masih dikaji oleh Kementerian Perhubungan.

"Setelah memperkenalkan mobil listrik pertama pada tiga tahun belakangan lewat Tesla Model X, kini kami membawa EHang 216 untuk menunjukkan perkembangan otomotif dunia ke masyarakat Indonesia," papar Presiden Direktur Prestige, Rudy Salim kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kendaraan Logistrik Memperburuk Kondisi Jalan dan Kemacetan Perkotaan

Taksi terbang EHang 216KOMPAS.com/Ruly Taksi terbang EHang 216

"Sehingga, pihak terkait harus bersiap untuk menyambutnya karena masa depan ada di depan mata," lanjutnya.

Hanya saja, Rudy masih belum bisa mengungkapkan lebih jauh mengenai EHang 216, terkhusus mengenai penerbangan. Tapi perseroan berencana untuk dapat melakukan uji coba di Bali pada Oktober 2021 mendatang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam kondisi Indonesia, kendaraan ini lebih disasar untuk kebutuhan mobilitas di dalam kota dengan jarak pendek. Sistemnya jadi sewa, misalkan dari titik A ke titik B untuk menghindari kemacetan," ujar Rudy.

Mengenai tarifnya, pihak Presige belum menghitung secara rinci. Diperkirakan, akan berada di bawah Rp 1 jutaan atau lebih murah dibanding menyewa helikopter untuk kebutuhan serupa.

Baca juga: Jangan Isi Tabung Reservoir Radiator Sampai Penuh

Tarif tersebut merupakan hasil akumulasi dari biaya pengisian baterai EHang 216, perawatan, sampai dengan parkir.

Diketahui, baterai EHang 216 memiliki kapasitas untuk menempuh jarak 35-65 km dengan muatan maksimal 220 kg serta waktu terbang 21-40 menit. Sementara kecepatan maksimalnya 130 km per jam.

"Listrik Rp 100 ribu, tapi ada komponen yang harus diganti. Sama seperti pesawat terbang setiap sekian ratus jam atau ribu jam diganti. Nah ini kalau dipukul rata mungkin setiap setengah jam tidak sampai 1 juta, dan itu akan dikonversi jadi tarif," ucap Rudy.

Baca juga: Tips Hindari Pencurian Pecah Kaca Mobil, Kaca Jangan Ditutup Full

Mobil terbang EHang 216dok.EHang Mobil terbang EHang 216

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.