Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Moge Terbakar, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kompas.com - 17/09/2021, 11:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini beredar di media sosial unggahan video yang memperlihatkan sebuah sepeda motor berkubikasi mesin besar alias moge mendadak terbakar di perjalanan.

Dari unggahan akun Instagram @dashcamindonesia, Kamis (16/9/2021), video yang direkam menggunakan action cam milik pengendara yang motornya terbakar memperlihatkan kronologi awal peristiwa tersebut.

Awalnya sepeda motor tersebut nampak mengalami masalah mesin. Saat si pengendara mencoba men-starter kembali motornya, api mendadak muncul dari bawah pengendara.

Baca juga: Kalahkan Marquez, Bos Ducati Beberkan Keunggulan Desmosedici GP21

Motor terbakar bukan pertama kali terjadi, untuk itu pengendara motor mesti selalu waspada dan mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab sepeda motor terbakar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere menjelaskan kemungkinan motor terbakar disebabkan rembesan bensin pada tutup busi.

“Biasanya disebabkan karena adanya rembesan bahan bakar, sehingga jika terkena percikan api tidak lompat dari koil ke busi, tapi keluar mesin. Sehingga terjadi kebakaran,” katanya menjelaskan.

Baca juga: Bertemu Pelat Nomor Dewa yang Minta Jalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Ia turut menambahkan bahwa rembesan bensin bisa terjadi karena sejumlah hal, tidak hanya karena proses pengisian bahan bakar yang terlalu penuh hingga luber.

Sebab tangki bensin yang diisi penuh pun masih cukup aman karena sudah ada karet pelindung di sekitar tutup tangki dan dilengkapi selang yang umumnya diarahkan ke tanah.

“Menurut saya tidak ada faktor lain, penyebab motor terbakar yang paling utama karena adanya bahan bakar yang rembes atau bocor,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com