Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Tenaga Buas, Audi Hadirkan Station Wagon RS 4 Avant di Indonesia

Kompas.com - 17/09/2021, 09:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Mataram Motor (GMM), resmi meluncurkan Audi RS 4 Avant yang merupakan station wagon paling bertenaga dengan paras sporty di Indonesia, Kamis (16/9/2021).

Mobil yang dibekali mesin V6 2.900 cc Twin-Turbo TFSi ini, mampu melimpahkan tenaga 443 tk dan torsi badak sebesar 600 Nm dari putaran 1.900-5.000 rpm ke sistem penggerak empat roda permanen via transmisi 8-speed tiptronic

Berakselerasi dari titik diam hingga 100 kpj, mampu dituntaskan dalam waktu 4,1 detik, dan melalui pekat dinamik RS, kecepatan maksimalnya bisa ditingkatkan hingga 280 kpj.

Menariknya lagi, Audi mengklaim bila konsumsi bahan bakar dari olahan mesin tersebut cukup efisien, yakni 10,8 kpl dengan emisi bahan bakar lebih rendah 17 persen dibanding model sebelumnya berdasarkan hasil pengujian WLTP terbaru.

Baca juga: Tanpa Pengawalan Polisi, Pelat Nomor Dewa Tak Punya Hak Istimewa

 Audi RS 4 AvantGMM Audi RS 4 Avant

Dari segi tampilan, Audi RS 4 Avant hadir dengan perubahan besar pada sektor depan melalui grille singleframe polis yang lebih lebar dan rata dibandingkan model sebelumnya. Namun struktur sarang lebah ala tiga dimensi tetap dipertahankan seperti saudara kandungnya.

Lampu utama juga mendapat sentuhan baru yang mengusung Matrix LED dan dihiasi bezel berwarna gelap. Untuk fender depan dan belakang, dikemas lebih lebih lebar 30 mm dari A4 Avant, sementara kaki-kaki ditunjang pelek forged alloy palang 10 berdimensi 19 inci.

Bagi yang ingin tampil beda, Audi menyediakan pelek 5-arm flag style dengan kelir Glossy Anthracite Black 20 inci, 5-arm peak style matte bronze 20 inci, dan 5-arm flag style 20 inci.

Tak heran, bila station wagon dengan harga Rp 2.799.000 on the road Jakarta ini, menjadi paket lengkap bagi para sultan yang menginginkan mobil dengan paduan tampilan mewah dan tenaga buas.

Baca juga: Carbon Tax Bergulir, Harga Mobil Baru Bakal Berubah Bulan Depan

 Audi RS 4 AvantGMM Audi RS 4 Avant

Aura sporty masih ditegaskan Audi pada bagian interior melalui dominasi warna hitam. Kesan lapang juga coba dihadirkan dari tatanan ragam fungsi di dasbor yang dipadukan dengan sentuhan alumunium race Anthracite sebagai aksen standar.

Para sultan di Tanah Air juga mendapat pilihan akses dekoratif lainnya, yaitu carbon twill atau black piano lacquer yang cukup eksklusif. Gagang kemudi terbungkus material kulit yang sudah memiliki ragam tombol fungsi untuk memudahkan pengendara.

Kesan driver oriented ditonjolkan untuk memberikan sensasi berkendara yang ergonomis, apalagi sudah tersedia paddle shift. Sedangkan untuk jok, dibuat khas RS dengan pola sarang lebah, ada juga sajian lain yang diberikan sebagai pilihan konsumen.

 Audi RS 4 AvantGMM Audi RS 4 Avant

Menemani kenyamanan berkedara, Audi menyediakan layar sentuh MMI 10.1 inci dengan sistem operasi terbaru. MMI juga memungkinkan menyajikan ragam informasi soal kendaraan, mulai dari g-force maksimum, suhu ban, dan komponen sistem penggerak.

Detail kendaraan lebih jelas lagi dihadirkan lewat Audi Virtual Cockpit Plus untuk menampilkan pengukuran akselerasi, output daya, suhu oli mesin, tekanan ban, torsi, waktu putaran, sampai lampu peringatan untuk perpindahan transmisi pada batas putaran mesin.

Baca juga: 7 Dekade Peugeot Konsisten Luncurkan Station Wagon

Ada dua mode berkendara yang dihadirkan wagon buas ini, yakni RS1 dan RS2 yang telah diatur melalui Audi drive select dan mudah untuk dioperasikan dengan hanya menekan tombol RS Mode.

 Audi RS 4 AvantAPHIT McKlein Audi RS 4 Avant

Selain itu, Audi RS 4 Avant juga memiliki mode berkendara lainnya, yakni comfort, auto, dan dynamic. Sistem Audi drive select ini akan mempengaruhi kinerja mesin dan manajemen transmisi, power steering, suspensi, sistem kemudi dinamis, sistem diferential sport quattro, suara mesin, dan karakteristik AC otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com