Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Karakter Tongkrongan Nissan Leaf dan Hyundai Ioniq

Kompas.com - 23/08/2021, 13:32 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sempat terhambat karena satu dan lain hal, akhirnya Nissan resmi meluncurkan Leaf di Indonesia. Selain meramaikan segmen mobil listrik, Leaf juga hadir sebagai penantang dari Hyundai Ioniq.

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, dari segi tampilan mungkin Leaf tak asing lagi, hal ini karena dari versi yang sudah dikenalkan pada 2019 sampai saat meluncur saat ini, tak ada perubahan di sisi eksterior.

Lantas bagaimana perbandingannya dengan mobil listrik asal Korea Selatan ? kita akan coba detailkan mulai dari sisi tongkrongan atau visualnya lebih dulu.

Baca juga: Nasib Konsumen yang Tak Dapat Unit di Pekan Terakhir Diskon 0 Persen

Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLUKOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

 

Tampilan futuristik dari Leaf masih dikemas dengan konsep desain ala hatchback. Sektor depan memiliki kesan meruncing yang ditemani lampu utama yang cukup menarik dilihat dan pastinya sudah mengusung LED dan DRL.

Beda dangan Ioniq yang mengusung desain bagian depan dengan gril tertutup ala-ala mobil masa depan, Leaf yang kabarnya didatangkan langsung dari Jepang tersebut, justru tampil dengan konsep V motion, yang membuat sektor depan terlihat lebih natural layaknya mobil konvensional.

Sementara pada bagian samping, desain Leaf dibuat dinamis tanpa guratan atau tarikan bodi yang menonjol. Hal ini juga sebenarnya sedikit mirip dengan Ioniq.

Masuk ke bagian belakang, kaca landai yang digunakan dengan bumper sederhana dan aksen garis di bagian tengah yang memanjang, memberikan kesan elegan, sedangkan untuk bagian lampu, desainya masih mengusung mirip dengan Juke.

Nissan LeafKOMPAS.com/STANLY RAVEL Nissan Leaf

Baca juga: Daihatsu Minta Maaf, Terios dan Xenia Inden 5 Bulan

Kalau melirik buritan belakang Ioniq, justru terkesan lebih biasa karena konsepnya mengusung mobil bergaya lifeback. Bagian pengisian daya Ioniq diletakan layaknya tangki bensin, sementara Leaf berada di bagian depan.

Tentunya kedua perbedaan tersebut tak mempengaruhi sisi fleksibilitas dalam hal pengisian daya, hanya tinggal tergantung dari selera konsumen saja.

Dari segi dimensi, Leaf hadir dengan panjang 4.490 mm, lebar 1.788 mm, dan tinggi 1.540 mm, yang sebenarnya agak mirip-mirip dengan sebuah sedan menengah.

Baca juga: Kapan Pelat Nomor Kendaraan Bermotor Jadi Warna Putih?

Bila dibandingkan dengan Ioniq, dengan panjang 4.470 mm, lebar 1.820, dan tinggi 1.475 mm, sebenarnya cukup "beti" alias beda tipis.

Tes drive Hyundai IoniqKompas.com Tes drive Hyundai Ioniq

 

Tapi dari panjang, Leaf lebih unggul yang seharusnya dari sisi kelapangan kabinnya akan lebih nyaman. Sementara untuk kaki-kaki, melihat dari segi desainnya, harus diakui bila Ioniq tampil menarik dengan model kipas yang terlihat padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com