Kenapa TRD Sportivo Ganti Jadi GR Sport di Indonesia?

Kompas.com - 23/08/2021, 08:42 WIB
Toyota Gazoo Racing TAMToyota Gazoo Racing

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Gazoo Racing belum lama ini diperkenalkan di Indonesia. Saat ini, sudah ada delapan kendaraan yang termasuk dalam Toyota Gazoo Racing, mulai dari produk utuh seperti GR Supra dan GR Yaris, sampai GR Sport yang merupakan varian sporty dari suatu model.

Lini kendaraan Toyota yang sudah mendapatkan sentuhan GR Sport bisa dibilang menggantikan TRD Sportivo. Sebelumnya, model kendaraan TRD Sportivo Toyota memiliki tampilan yang lebih sporty dari varian yang standar.

Munculnya GR Sport juga menggantikan TRD Sportivo di Indonesia. Jadi untuk varian mobil yang tampilannya lebih sporty, bukan lagi disebut dengan TRD Sportivo, melainkan menjadi GR Sport.

Baca juga: Lin Jarvis Beberkan Soal Kelemahan Vinales di Yamaha

Yaris  Gazoo Racing, Master of Nurburgring (GRMN)carscoops.com Yaris Gazoo Racing, Master of Nurburgring (GRMN)

Lalu mengapa Toyota Indonesia sekarang menghadirkan nama GR Sport pada lini kendaraannya?

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, nama GR sendiri lebih tinggi levelnya secara global dibanding TRD. Selain itu juga tidak hanya produk yang ditawarkan, tapi benar-benar menjadi flagship Toyota baik internasional maupun di Indonesia.

“Brand GR menjadi flagship untuk masuk ke dunia motorsport. Motorsport menjadi penting karena menjadi sumber belajar mengenai produk, seperti durability, styling, performance, dan tuning,” ucap Anton dalam sesi tanya jawab virtual belum lama ini.

Baca juga: Aksi Nekat Fortuner Lawan Arah, Serempet dan Tabrak Mobil

Toyota Yaris GR SportDok. TAM Toyota Yaris GR Sport

Anton menjelaskan, motorsport benar-benar mengetes sebuah produk sampai maksimal. Misalnya dites kemampuan mesin sampai overheat, dikemudikan dalam kecepatan tinggi, lalu dibawa untuk slalom dengan manuver yang cepat, dan masih banyak lagi.

“Lewat motorsport memberikan pelajaran bagi Toyota secara global maupun TAM untuk menerapkan temuan tadi di produk, baik utuh (GR Supra dan GR Yaris) maupun berupa parts tambahan,” kata Anton.

Selain itu, secara produk, GR punya pilihan yang lebih lengkap dibanding TRD. Anton mengatakan, GR juga akan mencakup produk lifestyle, sehingga semakin luas lagi dan cocok memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.