Pasar Turun, Brio Satya Masih Pimpin Segmen LCGC di Juli 2021

Kompas.com - 23/08/2021, 09:02 WIB
LCGC Brio Satya Stanly/KompasOtomotifLCGC Brio Satya

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejalan dengan perlambatan penjualan mobil di dalam negeri pada  Juli 2021, pasar low cost green car (LCGC) atau kendaraan roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) pun menurun.

Diolah dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penurunan pada segmen mobil murah itu cukup dalam, hingga 24 persen dibandingkan bulan sebelumnya, atau dari 10.276 unit menjadi 8.283 unit.

Sementara realisasi penjualan mobil nasional secara keseluruhan dalam waktu yang sama atau awal semester kedua tahun ini, melemah 8,4 persen secara wholesales dan 2,6 persen pada ritel.

Baca juga: Penjualan Mobil Melemah di Juli 2021, Berikut Merek Terlarisnya

Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGCGRIDOTO.com/RIANTO PRASETYO Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

Tren penurunan penjualan dipicu oleh kenaikan kasus Covid-19 di dalam negeri hingga diterapkannya PPKM Darurat oleh pemerintah. Selain itu, suplai kendaraan dari pabrik berpengaruh terhadap distribusi.

Mengingat, selama pemberlakuan pembebasan PPnBM pada Maret 2021 lalu, permintaan mobil relatif, berkat insentif PPnBM. Sedangkan aktivitas pabrik belum pulih usai terdampak pandemi Covid-19 (permintaan tidak diikuti suplai).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, bila dibandingkan tahun lalu pencapaian penjualan LCGC di domestik jauh lebih baik. Sebab kala itu, pasar hanya mampu menyerap 2.000 unit sampai 5.000 unit saja per-bulannya.

Adapun mobil murah terlaris selama Juli 2021, masih ditempati oleh Honda Brio Satya dengan total penjualan 2.437 unit. Torehan ini memang turun dari bulan lalu, 2.947 unit tapi pergerakannya masih cukup terjaga.

Baca juga: Kurangi Truk ODOL, Penggunaan Jembatan Timbang Sudah Tidak Relevan

Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu SigraIstimewa Model lama dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Kemudian tepat berada di bawahnya, diisi oleh Toyota Calya dengan 2.293 unit atau turun 39 unit dari Juni 2021. Menyusul di posisi ketiga, ada Daihatsu Sigra dengan total penjualan 1.583 unit.

Menariknya, dari ketiga produk LCGC teratas tersebut penurunan tajam terjadi pada Sigra yaitu dari 2.082 unit pada satu bulan sebelumnya.

Tetapi, perlambatan itu belum bisa disusul oleh Daihatsu Ayla dan Toyota Agya yang masing-masing menorehkan total penjualan 919 unit dan 769 unit. Mereka tetap berada di posisi keempat serta kelima di daftar mobil murah terlaris.

Terakhir ada Suzuki Karimun Wagon R yang berhasil menorehkan penjualan 282 unit, naik dari bulan lalu yang hanya 195 unit. Produk LCGC dari Suzuki ini jadi satu-satunya yang mencatatkan torehan positif.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil

Ilustrasi  All New Honda Brio SatyaDok. GridOto Ilustrasi All New Honda Brio Satya

Berikut daftar penjualan LCGC (wholesales) pada Juli 2021:

1. Honda Brio Satya: 2.437 unit
2. Toyota Calya: 2.293 unit
3. Daihatsu Sigra: 1.583 unit
4. Daihatsu Ayla: 919 unit
5. Toyota Agya: 769 unit
6. Suzuki Karmiun Wagon R: 195 unit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.