Pemberlakuan Tilang Ganjil Genap di Ibu Kota Belum Putus

Kompas.com - 23/08/2021, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyatakan bahwa hingga saat ini pemberlakuan tilang dalam pelaksanaan kebijakan ganjil-genap selama PPKM Level 4 belum putus dan masih dikaji.

Pasalnya, pemerintah secara resmi belum memutuskan kebijakan PPKM Level 4 yang akan berakhir pada Senin, 23 Agustus 2021. Bila diperpanjang lagi, maka opsi terkait terbuka lebar.

"Kami akan kaji dulu, kalau memang nanti rambu-rambunya sudah cukup dan perkembangan dari PPKM level 4 yang akan berakhir besok bagaimana," kata Sambodo, Minggu (22/8/2021).

Baca juga: Kurangi Truk ODOL, Penggunaan Jembatan Timbang Sudah Tidak Relevan

Petugas memberhentikan pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap di Jalan Sudirman, Jumat (13/8/2021). ANTARA/Sihol Hasugian Petugas memberhentikan pengendara yang melanggar aturan ganjil-genap di Jalan Sudirman, Jumat (13/8/2021).

Ia mengatakan, bila nanti penerapan tilang ditetapkan, maka pihaknya akan menyosialisasikan kepada masyarakat dengan segera. Sehingga, tidak ada informasi yang salah ataupun terlambat.

Namun, semuanya masih harus menunggu keputusan dari pemerintah terkait perpanjangan kebijakan PPKM Level 4.

"Kita belum tahu akan diperpnajang atau tidak tentu nanti tanggal 23 akan kita sampaikan kepada masyarakat terkait dengan kebijakan ganjil genap ini," ujar dia.

"Atau kalau ada pengetatan lagi bisa saja nanti ditambah (titik ruas jalannya). Yah, kita lihat besok bagaimana aturan yang ditetapkan pemerintah," lanjut Sambodo.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya memutuskan untuk menerapkan kembali aturan pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil-genap selama PPKM Level 4 pada 10-16 Agustus 2021.

Baca juga: GR Sport di Indonesia Tak Hanya Jual Tampang, tapi Perfoma

Foto-foto Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai diberlakukan ganjil genap kendaraan yang melintas selama diberlakukan PPKM Level 3 mulai hari ini, Rabu (4/8/2021). Sebelumnya beberapa pekan penerapan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 di Kota Tasikmalaya, jalan pusat kota ini ditutup total.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Foto-foto Jalan HZ Mustofa, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai diberlakukan ganjil genap kendaraan yang melintas selama diberlakukan PPKM Level 3 mulai hari ini, Rabu (4/8/2021). Sebelumnya beberapa pekan penerapan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 di Kota Tasikmalaya, jalan pusat kota ini ditutup total.

Kondisi dilakukan karena penyekatan belum bisa secara optimal mengurangi mobilitas masyarakat.

Tapi seiring berjalannya aturan tersebut, di mana para pelanggar hanya diberi hukuman teguran dan putar balik, tidak sedikit pengendara yang menyepelekan ganjil-genap.

Adapun ruas yang diberlakukan ganjil genap di Jakarta ada 8 titik, yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Pintu Besar Selatan dan Jalan Gatot Subroto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.