PPKM Darurat, Pengiriman Mobil Daihatsu Berpotensi Tersendat

Kompas.com - 16/07/2021, 15:51 WIB
Ilustrasi suplai mobil dari pabrik Daihatsu Dok. ADMIlustrasi suplai mobil dari pabrik Daihatsu

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya penerapan PPKM Darurat di Jawa dan Bali, membuat semua sektor mengalami pembatasan aktivitas yang lebih ketat. Kondisi tersebut otomatis membuat kegiatan operasional juga melambat, termasuk di bengkel dan showroom mobil.

Bahkan akibat ragam aturan selama PPKM Darurat yang berlangsung hingga 20 Juli 2021, juga berdampak pada proses pengiriman atau delivery mobil. Hal ini salah satunya dirasakan oleh Daihatsu.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, adanya keterlambatan dalam proses pengiriman untuk saat ini dipengaruhi beragam kondisi.

"Wiraniaga sekarang sedang WFH 100 persen, jadi showroom ini tak boleh beroperasi petugas administasinya juga. Lalu yang kedua, kalau tidak salah di Samsat juga ada pembatasan yang mengakibatkan pembuatan STNK baru tidak seperti biasanya," ujar Hendrayadi dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Tutup Semester I, Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Penjualan Nasional

Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASAKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky 1.0 R TC ASA

Akibat aturan pembatasan yang membuat aktivitas tak berjalan normal, menurut Hendrayadi memang berpotensi pada pengiriman unit ke garasi konsumen. Terlebih untuk yang diproses pada minggu kedua PPKM Darurat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun untuk pengiriman di minggu awal PPKM Darurat, diakui masih normal lantaran proses kepengurusan STNK sudah berjalan dari pekan sebelumnya, atau sebelum pembatasan.

"Satu minggu pertama PPKM Darurat, pengiriman masih berjalan baik, untuk saat ini kalau yang STNK dan suratnya ready juga tidak ada masalah," ujar Hendrayadi.

"Tapi kalau misalnya ada keterlambatan di dalam kesiapan dokumen, ya mau tak mau kita mohon maaf bagi konsumen yang mungkin pada minggu kedua atau saat PPKM Darurat nanti diperpanjang harus ada sedikit delay," kata dia.

Selama PPKM Darurat, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berupaya untuk mematuhi aturan guna menekan kasus Covid-19. Hal ini dilakukan dengan menutup sementara aktivitas diler dari Jawa hingga Bali dan juga 15 kota lainnya.

Daihatsu RockyKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky

Untuk fasilitas bengkel, Daihatsu tetap berkomitmen untuk mendukung para konsumen yang membutuhkan layanan terutama di sektor yang dikecualikan seperti transportasi, logistik, distribusi barang dan jasa, juga layanan kesehatan atau ambulans yang menggunakan produknya.

Baca juga: PPKM Darurat, Diler Daihatsu Tutup 100 Persen, Bengkel Buka Kapasitas 25 Persen

Meski demikian, pelaksanaan operasional bengkel benar-benar di batasi hanya 25 persen. Pelanggan yang ingi melakukan perawatan berkala di bengkal akan tetap dilayani, namun dengan melakukan booking service lebih dulu.

Pekerja membersihkan mobil di area stan Daihatsu saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja membersihkan mobil di area stan Daihatsu saat pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Alternatif lain, konsumen juga bisa memanfaatkan layanan Daihatsu Mobile Service untuk melakukan perawatan kendaraan tanpa harus ke luar rumah. Bahkan layanan ini sangat dianjurkan pada kondisi seperti ini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.