Jajal Canggihnya Fitur ADAS Wuling Almaz di Jalanan Dalam Kota

Kompas.com - 11/07/2021, 18:41 WIB
Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpah Kompas.com/Setyo AdiWuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpah
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbedaan paling utama dari Wuling RS terbaru salah satunya ialah disematkannya fitur ADAS yang mencangkup beberapa fitur terknoeksi lain seperti Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Intelligent Cruise Assistence dan Bend Cruise Assistance.

Sehingga, beban pengendara menjadi lebih ringan saat berpergian karena tidak harus selalu menginjak pedal gas dan setir.

Adapun cara kerja fitur ini, sebenarnya sama dengan cruise control di mobil lain. Tetapi, pada sport utility vehicle (SUV) berharga murah ini lebih lengkap karena bisa menyesuaikan kecepatan kendaraan di depan dan marka jalan.

Baca juga: Impresi Desain Eksterior dan Interior Wuling Almaz RS, Apa yang Spesial?

Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpahKompas.com/Setyo Adi Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpah

Di samping itu, mobil juga telah dilengkapi sensor untuk mendeteksi benda bergerak yang berada di depan. Jadi kalau tiba-tiba ada kendaraan lain yang sangat dekat, mobil otomatis akan ngerem.

Namun bila mobil berhenti lebih dari 3-5 detik, Anda harus memulai lagi fitur ini agar beroperasi kembali lewat injak pedal gas atau atur kecepatan cruise control di tombol stir kemudi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak sampai di sana, berkat Bend Cruise Assist, mobil juga bisa menyesuaikan kecepatannya secara otomatis saat hendak berbelok.

Meski demikian, pengemudi harus tetap selalu sedia mengambil alih kemudi secara manual atau bertanggung jawab. Karena, dalam kondisi tertentu, fitur tersebut tidak berkerja secara maksimal.

Sebagai contoh di belokan tidak terlalu tajam dan tanpa marka jalan, BCA bisa tidak aktif sehingga kecepatan mobil tak dikurangi.

Baca juga: Uji Konsumsi BBM Wuling Almaz RS di Dalam Kota

Interior Wuling Almaz RSKOMPAS.com/Ruly Interior Wuling Almaz RS

Kemudian, untuk kendaraan yang tiba-tiba berada di depan dengan jarak cukup dekat, sensor tampak kesulitan untuk membacanya. Jadi, Anda harus ambil kendali.

Lagipula, pengemudi juga tidak bisa terus-menerus tak menyentuh stir kemudi karena pada beberapa menit sekali, akan ada notifikasi untuk menggerakkan stir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.