Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Cirebon Tutup Sejumlah Ruas Jalan Selama PPKM Darurat

Kompas.com - 04/07/2021, 15:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021, Polres Cirebon menutup sejumlah ruas jalan protokol di Kota Cirebon.

Mengingat secara geografis, letak Kota Cirebon sendiri berada dekat dengan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, tepatnya berada di jalur Pantura Pulau Jawa. Hal ini menyebabkan Kota Cirebon menjadi salah satu titik krusial dalam melakukan pembatasan mobilitas di Pulau Jawa.

Penutupan jalan protokol ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat terutama di titik-titik keramaian. Ruas jalan yang ditutup antara lain adalah Jalan Cipto Mangunkusumo perempatan Gunung Sari.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Ini Titik Penyekatan di Jalan Tol

Dalam keterangan resminya, Sabtu (3/7/2021), KBO Satlantas Polres Cirebon Kota Iptu Joni menjelaskan, penutupan beberapa ruas jalan protokol ini dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Petugas Kepolisian  mengarahkan kendaraan pemudik  untuk putar balik di pos penyekatan Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dinihari. Polres Cirebon Kota mulai memberlakukan larangan mudik dengan melakukan penyekatan kendaraan dengan plat nomor di luar Cirebon yang akan mudik ke arah Jawa Tengah.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Petugas Kepolisian mengarahkan kendaraan pemudik untuk putar balik di pos penyekatan Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dinihari. Polres Cirebon Kota mulai memberlakukan larangan mudik dengan melakukan penyekatan kendaraan dengan plat nomor di luar Cirebon yang akan mudik ke arah Jawa Tengah.

Tidak hanya di Jalan Cipto Mangunkusumo, Joni juga menambahkan bahwa ada penutupan ruas jalan di kawasan British American Tobacco (BAT).

“Untuk yang di BAT, penutupan dilakukan di Jalan Pasuketan dan perempatan Jalan Ariadono menuju Jalan Merdeka arah ke Lawanggada,” ungkapnya menjelaskan.

Baca juga: KTM Ajukan 2 Wildcard untuk Dani Pedrosa

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, petugas yang siaga di titik-titik penutupan jalan akan mengarahkan pengendara melalui jalur alternatif sehingga mengalir dan tak tersendat di satu titik.

Selain itu, selama PPKM Darurat berlangsung Satlantas Polres Cirebon Kota juga mendirikan tiga pos penyekatan di daerah Kedawung, Nangkir, dan Kalijaga. Ketiga daerah tersebut merupakan titik perbatasan dengan Kabupaten Cirebon dan Indramayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com