Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Mudah Bodi Motor yang Dilapis Carbon Kevlar

Kompas.com - 11/06/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren melapisi bodi sepeda motor dengan carbon kevlar mulai dilirik para pencinta modifikasi. Selain untuk meningkatkan estetika, tren ini juga bisa melindungi bodi motor.

Tren ini biasanya dilakukan para pencinta balap. Sebab, bahan carbon kevlar sudah digunakan di dunia balap sejak 1970-an sebagai pengganti baja.

Baca juga: Lindungi Bodi Motor, Lapisi Decal atau Carbon Kevlar?

Nicky Kurniawan, pemilik Carbon Autowork di bilangan Tangerang, mengatakan, bodi motor yang dilapis carbon kevlar dinilai lebih awet dibandingkan hanya dilapisi dengan decal atau sticker.

Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbonYoung Machine Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R dengan bodi full carbon

"Sebenarnya, perawatan tidak jauh berbeda dengan cat. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan," ujar Nicky, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Nicky menyarankan, sebaiknya jangan terlalu sering dijemur. Selain itu, lebih baik sering dipoles dengan wax agar terus mengilap.

Baca juga: Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R Full Carbon, Tembus Rp 122,5 Juta

"Jika sering dijemur, nantinya bisa terlihat kusam tampilannya. Bukannya pudar, karena kevlar tidak bisa pudar," kata Nicky.

Menurut Nicky, carbon kevlar juga sama seperti cat. Sebaiknya, hindari cairan-cairan kimia yang sifatnya keras, seperti minyak rem dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com