Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Ban Cadangan Diisi Nitrogen Bisa Bikin Getas?

Kompas.com - 30/05/2021, 14:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan gas nitrogen untuk mengisi tekanan udara dalam ban kendaraan makin umum dilakukan. Terlihat tempat-tempat pengisian gas nitrogen sudah mudah ditemui di berbagai tempat.

Sudah banyak orang memahami akan manfaat gas nitrogen untuk mengisi ban lebih baik dari angin biasa. Nitrogen memiliki ukuran partikel molekul yang lebih besar sehingga sulit merembes keluar melalui pori-pori ban. Berkat itu, tekanan udara dalam ban lebih stabil.

Meski begitu, ada mitos yang mengatakan bahwa mengisi ban cadangan dengan nitrogen dinilai merugikan.

Ada asumsi yang mengatakan bahwa suhu nitrogen yang lebih dingin dari angin biasa bisa mempercepat ban cadangan mengalami getas.

Baca juga: Viral Foto Motor Versus Sepeda, Ini Baiknya dari Sisi Safety Riding

Ban cadangan dipindah ke bagasi dan mengorbankan bangku baris ketiga. Terlihat dari sabuk pengaman yang masih muncul.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ban cadangan dipindah ke bagasi dan mengorbankan bangku baris ketiga. Terlihat dari sabuk pengaman yang masih muncul.

Bambang Widjanarko selaku Tire & Rim Consultant menegaskan bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka. Sebab nitrogen malah dapat menghambat proses pelapukan.

"Memang suhu nitrogen lebih dingin dari udara bebas, tapi tidak membuat getas. Malah sebaliknya bisa menghambat proses pelapukan," ungkap Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (29/5/2021).

Bambang menjelaskan, gas nitrogen memiliki sifat inert, yaitu sifat tidak mudah bereaksi dengan zat atau senyawa lain.

Baca juga: Terjadi Lagi Tabrakan Beruntun di Jalan Tol, Jangan Cuma Andalkan Skill

Mesin generator untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Mesin generator untuk memproduksi nitrogen di salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018).

Berbeda dengan oksigen yang memiliki sifat reaktif. Oksigen mudah bereaksi dengan zat atau senyawa lain. Reaksi pada oksigen ini dinamakan oksidasi.

Pada logam seperti besi, oksidasi bisa menimbulkan karat. Sementara pada karet oksidasi bisa menyebabkan getas.

Untuk ban yang posisinya tengah dipakai, nitrogen jelas mampu menjaga suhu dan tekanan udara dalam ban lebih stabil. Sementara pada ban cadangan, nitrogen tidak memberikan dampak buruk apapun.

Mengisi ban dengan gas nitrogen memang membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding dengan angin biasa. Namun manfaat yang dirasakan pun lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com