Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan dengan Hyundai New Santa Fe, Jajal Performa dan Fitur

Kompas.com - 30/04/2021, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai New Santa Fe hadir dengan banyak ubahan yang mampu memberikan sensasi berkendara yang berbeda dari generasi sebelumnya. Kompas.com pun berkesempatan untuk mencoba performa dan fitur Sporty Utility Vehicle (SUV) terbaru ini.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) belum lama ini mengajak media untuk merasakan pengalaman berkendara dengan New Santa Fe. Rute perjalanan tidak terlalu jauh, yakni Jakarta-Bogor-Jakarta.

Tapi, sebelum menuju Bogor, rombongan tes mengarah ke Tangerang dahulu, sehingga bisa cukup merasakan performa mesinnya.

Baca juga: Merasakan Pengalaman Berkendara Harian dengan New Santa Fe

Hyundai New Santa FeKompas.com/Donny Hyundai New Santa Fe

Bicara soal tampilan luarnya dulu, dimensi dan kaki-kaki New Santa Fe bisa dikatakan tidak memiliki perbedaan dengan generasi sebelumnya. Namun, suspensi dan mesinnya sudah ditingkatkan.

Selain itu, New Santa Fe juga sudah disematkan beragam fitur yang canggih. Deretan fitur tersebut tak hanya menunjang kenyamanan, tapi juga keamanan berkendara.

Dalam test drive kali ini, Kompas.com kebagian untuk mengemudikan New Santa Fe dengan mesin diesel R2.2 CRDi dengan kapasitas 2.200 cc.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Santa Fe Terbaru dari Kursi Penumpang

Hyundai New Santa FeKompas.com/Donny Hyundai New Santa Fe

Sebelum masuk ke mobil, untuk menyalakan mesin sangat mudah dan bisa dilakukan dari luar. Berkat adanya Remote Engine Starter, hanya tinggal menekan dan menahan tombol, mesin langsung menyala berikut dengan AC. Jadi, saat masuk ke mobil, suasana kabin sudah sejuk, nyaman untuk berkendara.

Saat pertama duduk di kursi pengemudi, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan posisi yang nyaman. Sebab, semuanya sudah bisa diatur secara elektris. Selain itu, setirnya juga sudah tilt and telescopic.

Saat melaju, handling cukup baik dan setirnya juga ringan dan stabil. Sehingga, tidak membuat pengemudi cepat pegal.

Baca juga: Efek Insentif PPnBM, Penjualan Mobil Bisa Tumbuh sampai Akhir Tahun

Interior Hyundai Santa Fe model 2021KOMPAS.com/Ruly Interior Hyundai Santa Fe model 2021

Menariknya, meskipun menggunakan mesin diesel, tapi suara mesin dan getarannya sangat halus. Rasanya tak jauh berbeda seperti mengendarai mesin bensin.

Akselerasinya juga cukup baik dan perpindahan giginya juga terasa halus melalui sistem transmisi otomatis 8-percepatan. Semua itu berkat penerapan kopling ganda pada transmisinya.

Baca juga: 5 Aksi Menyalip Paling Fenomenal di Tikungan Terakhir Sirkuit Jerez

Hyundai New Santa FeKompas.com/Donny Hyundai New Santa Fe

Menurut spesifikasi di atas kertas, mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 202 PS pada 3.800 rpm. Sementara torsinya, mencapai 440 Nm pada 1.750 rpm hingga 2.750 rpm.

New Santa Fe juga memiliki empat mode berkendara, yakni Comfort, Eco, Sport, dan Smart. Akselerasi dan tenaganya sangat terasa ketika mode berkendara Sport diaktifkan.

Saat berada di jalan biasa, bantingan suspensinya terasa sedikit keras. Namun, saat melaju di jalan tol dalam kecepatan tinggi, terasa sangat stabil dan tidak ada gejala limbung.

New Santa Fe dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan, seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA), Surround View Monitor (SVM), dan lainnya.

Baca juga: Berapa Jarak yang Bisa Ditempuh Saat Indikator Bensin Sudah Kosong?

Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) pada Hyundai Santa FeKOMPAS.com/Ruly Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) pada Hyundai Santa Fe

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com