Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Singkat Sensasi Mesin Hyundai Santa Fe Terbaru

Kompas.com - 26/04/2021, 14:33 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Santa Fe terbaru menyajikan beragam perubahan menarik yang mampu memberikan sensasi berbeda kepada penggunanya di Tanah Air. Tak terkecuali, prihal rasa berkemudi.

Memang, secara umum mobil tak memiliki perbedaan dimensi dan kaki-kaki dibandingkan model terdahulu atau pra-facelift. Hanya saja, sedikit penyesuaian pada suspensi dan mesin mampu menyajikan hal beda.

Apalagi Santa Fe terbaru telah dibenamkan beragam fitur keselamatan aktif lebih lengkap dan canggih sehingga membuat pengendara menjadi lebih mudah dalam mengendalikan mobil.

Baca juga: Suasana Baru di Hyundai Santa Fe 2021, Ini Ubahan Luar Dalamnya

Test drive Hyundai Santa Fe model 2021KOMPAS.com/Ruly Test drive Hyundai Santa Fe model 2021

Pertama duduk di kursi pengemudi, untuk mendapat posisi berkendara ideal tidaklah sulit di mobil ini. Sebab, pengaturan joknya sudah elektrik sehingga visibilitas ke segala arah menjadi baik sekaligus egronomis.

Handling mobil pun cukup baik dan ramah penumpang karena minim gejala limbung. Hal serupa juga didapat saat melintas di jalanan tidak rata walau pada lubang tertentu, bantingan suspensi terasa keras.

Perlu diingat, dalam percobaan ini area pengetesan yang tersedia amat terbatas yaitu di kawasan Kelapa Gading. Kemudian, kami melakukan pengetesan, kawasan di sekitar terbilang cukup ramai tetapi lalu lintas lancar.

Dalam keadaan tersebut, sangat terasa kalau mesin berkapasitas 2.500 cc terbaru milik Santa Fe berbeda. Melalui kemampuan tenaga 177,5 dk dan torsi 232 Nm, stop-and-go bukan jadi kendala berarti.

Baca juga: Semakin Canggih, Fitur Keamanan Santa Fe Melimpah

Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) pada Hyundai Santa FeKOMPAS.com/Ruly Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) pada Hyundai Santa Fe

Akselerasinya pun begitu mumpuni dengan penyaluran dan perpindahan gigi yang halus lewat sistem transmisi otomatis 6-percepatan. Cocok digunakan sehari-hari.

Jika Anda merasa mobil kurang bertenaga, cukup menggeser mode berkendara ke Sport dan rasakan perbedaannya. Saluran tenaga di mobil sangat berbeda, yakni agresif.

Tetapi memang bagi pengendara yang risih dengan tanda peringatan berupa suara, Santa Fe terbaru mungkin tak terlalu nyaman. Sebab, sport utility vehicle (SUV) ini memiliki banyak sensor untuk mencegah potensi kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com