5 Aksi Menyalip Paling Fenomenal di Tikungan Terakhir Sirkuit Jerez

Kompas.com - 29/04/2021, 15:25 WIB
Insiden tikungan terakhir sirkuit Jerez MotoGPInsiden tikungan terakhir sirkuit Jerez

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri ketiga MotoGP 2021 akan digelar akhir pekan ini di Sirkuit Jerez, Spanyol. Sirkuit ini menjadi saksi bisu beberapa overtake atau aksi menyalip yang menjadi fenomenal.

Aksi fenomenal tersebut sering kali terjadi di tikungan ke-13 yang merupakan tikungan terakhir. Selain dilakukan di tikungan terakhir, overtake fenomenal tersebut juga dilakukan pada lap terakhir.

Sehingga, overtake tersebut sering kali terkesan agresif. Tak jarang juga kedua pebalap yang terlibat sampai bersenggolan saat masuk tikungan, di tengah tikungan, atau saat akan keluar tikungan.

Baca juga: Bos Ducati Yakin Bakal Raih Kemenangan di GP Jerez

Insiden tersebut juga terkadang membuat hubungan antara kedua pebalap yang terlibat menjadi renggang. Berikut ini aksi overtake fenomenal di Sirkuit Jerez:

1. Mick Doohan dan Alex Criville

Pada tahun 1996, Alex Criville sedang memimpin jalannya balapan. Pebalap asal Spanyol ini bersenggolan dengan Mick Doohan di tikungan tersebut.

Sayangnya, Criville mengalami highside setelah bersenggolan dan terjatuh hingga tak mampu melanjutkan balapan. Padahal, Criville dan Doohan adalah rekan satu tim di Repsol Honda.

2. Jorge Lorenzo dan Juan Olive

Saat tahun 1997, Jorge Lorenzo dan Juan Olive sama-sama berkompetisi di kejuaraan Copa Aprilia, kelas 50 cc. Di tikungan terakhir, Lorenzo menyalip Olive yang kehilangan kendali dan akhirnya terjatuh.

Lorenzo akhirnya mengakui bahwa dirinya bersalah atas manuver tersebut. Namun, mantan pebalap MotoGP ini juga bersikeras bahwa insiden tersebut biasa terjadi di arena balap.

3. Valentino Rossi dan Sete Gibernau

Insiden tikungan terakhir sirkuit JerezMotoGP Insiden tikungan terakhir sirkuit Jerez

Valentino Rossi juga pernah melakukan aksi overtake yang fenomenal di Sirkuit Jerez, tepatnya pada tahun 2005. Saat itu, yang menjadi korbannya adalah Sete Gibernau.

Rossi yang sedang mengejar gelar juara dunia keduanya bersama Yamaha menyalip Gibernau di tikungan terakhir pada lap terakhir.

Keduanya bersenggolan dan membuat Gibernau harus melebar. Gibernau menganggap aksi yang dilakukan Rossi sangat "kotor".

4. Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa

Insiden tikungan terakhir sirkuit JerezMotoGP Insiden tikungan terakhir sirkuit Jerez

Di tahun 2010, Lorenzo kembali terlibat dalam insiden serupa. Tapi, kali ini yang menjadi lawannya adalah Dani Pedrosa. Meski demikian, Lorenzo tetap finis pertama dan diikuti Pedrosa.

5. Jorge Lorenzo dan Marc Marquez

Insiden tikungan terakhir sirkuit JerezMotoGP Insiden tikungan terakhir sirkuit Jerez

Di tahun 2013, Lorenzo akhirnya mendapat karma. Kali ini, Lorenzo yang menjadi korbannya. Dia disalip oleh Marc Marquez yang saat itu masih menjadi rookie.

Marquez pun berhasil finis di depan Lorenzo. Pahitnya lagi, beberapa hari sebelumnya, tikungan tersebut baru diresmikan sebagai tikungan Lorenzo.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X