Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Canggih, Fitur Keamanan Santa Fe Melimpah

Kompas.com - 21/04/2021, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Santa Fe terbaru yang resmi dipasarkan di Indonesia pada akhir kuartal I/2021 menyuguhkan berbagai perubahan signifikan dari generasi terdahulunya.

Penyempurnaan yang disematkan tidak hanya pada bagian sisi ekterior dan interior saja alias kosmetik, tapi juga termasuk fitur keamanan serta hiburannya.

Sehingga, dalam penggunaan sehari-hari pengendara dapat menekan risiko kecelakaan akibat kelalaian diri sendiri atau faktor eksternal lain seperti pengguna jalan yang kurang waspada terhadap mobil kita.

Baca juga: Adu SUV Bongsor Hyundai Santa Fe vs Toyota Fortuner

Interior Hyundai Santa Fe model 2021KOMPAS.com/Ruly Interior Hyundai Santa Fe model 2021

Salah satu fitur yang diunggulkan pada sport utility vehicle (SUV) asal Korea Selaan ini ialah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang secara otomatis memperingatkan pengemudi bila mendeteksi potensi kecelakaan dari arah depan.

Jika pengemudi masih abai terhadap peringatan berupa bunyi tersebut, mobil secara otomatis akan mengaktifkan rem. Sehingga, benturan ke kendaraan lain atau pejalan kaki bisa diredam.

Kemudian ada juga Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang berfungsi untuk mendeteksi kendaraan dari arah belakang agar para pengendara bisa menghindari hantaman atau benturan.

Fitur ini dilengkapi dengan Blind-Spot View Monitor (BVM) menggunakan dua kamera pada kaca spion kiri dan kanan, yang berguna menampilkan area belakang mobil dengan menampilkan tampilan visualnya di panel cluster.

Baca juga: [VIDEO] Jajal SUV Baru Hyundai, New Santa Fe

Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) pada Hyundai Santa FeKOMPAS.com/Ruly Fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) pada Hyundai Santa Fe

BVM akan aktif ketika pengemudi mengaktifkan lampu sein, misalnya saat sedang berganti jalur. Jadi, titik buta alias blind spot pengendara dapat teratasi secara lebih optimal.

Belum selesai disana, mobil juga telah disematkan Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Jadi, mobil akan terjaga selalu berada di dalam batas jalur atau tidak melewati marka jalan (tidak goyang-goyang).

Adapun fitur-fitur lain yang membuat Santa Fe terbaru semakin aman serta canggih ialah kamera parkir 360 derajat, Electric Child Lock (ECL) & Safe Exit Assist (SEA), Rear Occupant Alert (ROA), High Beam Assist, Surround View Monitor (SVM) dan 6 SRS Airbags.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com