Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2021, 04:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Bagi para penggemar motor klasik, semakin tua dan orisinil, maka semakin mahal pula harganya. Begitu pun berlaku pada 125Z, motor bebek 2-tak bikinan Yamaha.

Yamaha 125Z diproduksi di Malaysia sejak 1998 dan diimpor APM Yamaha di Indonesia saat itu sekitar tahun 2005. Kini Yamaha 125Z sudah tidak diproduksi lagi.

Sejak tahun lalu, harga Yamaha 125Z melambung drastis. Tembus hingga ratusan juta untuk unit istimewa.

Istimewa di sini berarti seluruh part motor masih orisinil tanpa modifikasi atau ubahan. Kondisinya pun masih layak jalan dengan angka odometer yang masih rendah.

Baca juga: Layanan SIM Online Meluncur, Bagaimana dengan SIM Keliling?

Berlanjut pada April 2021 ini meski sudah tidak ada yang menjual di angka ratusan juta rupiah, harga Yamaha 125Z masih terhitung tinggi. Hal tersebut dibenarkan oleh Marwan, pemilik showroom motor tua Marwan Motor di bilangan Sukoharjo.

Salah satu Yamaha 125Z lansiran 2001 yang dijual di stan Greenseta, saat penyelenggaraan Pasar Jongkok Otomotif 2018 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (7/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Yamaha 125Z lansiran 2001 yang dijual di stan Greenseta, saat penyelenggaraan Pasar Jongkok Otomotif 2018 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (7/4/2018).

"125Z harganya gila-gilaan, bisa sampai Rp 60 jutaan hingga Rp 80 jutaan. Apalagi untuk yang varian warna kuning," ungkap Marwan saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Harga 125Z yang mencapai puluhan juta tersebut berlaku untuk unit tanpa modifikasi dengan dokumen surat-surat yang lengkap.

Baca juga: Adanya Aplikasi SIM Presisi Hapus Praktik Calo

Marwan sendiri saat ini tidak memiliki 125Z di showroom-nya. Kisaran harga tersebut diketahuinya dari jaringan pertemanan sesama pecinta motor tua.

Jika menilik dari situs jual beli daring, rata-rata Yamaha 125Z memang dibanderol kisaran harga Rp 65 juta hingga Rp 90 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com