Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Motor Tabrak Pejalan Kaki Saat Menyeberang di Zebra Cross

Kompas.com - 15/04/2021, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekaman CCTV yang memperlihatkan seorang wanita tertabrak motor di Jalan Demak, Krembangan, Surabaya, Jatim, Rabu (14/4/2021) viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @warung_jurnalis, terlihat seorang perempuan yang sedang menyeberang di zebra cross dari barat ke timur, tepatnya di depan = minimarket.

Pada saat yang bersamaan sepeda motor yang melaju dari arah selatan menabrak perempuan tersebut hingga terpental. Perempuan yang identitasnya diketahui bernama Tarmini itu langsung tewas seketika di tempat kejadian.

Baca juga: Karoseri New Armada Sebar Bocoran Bus Medium Baru

Berkaca dari video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

“Pengemudi wajib menjaga kecepatan ideal sesuai lingkungannya supaya tidak over speed dan mengurangi kecepatan di persimpangan atau zebra cross. Apalagi ada penyeberang jalan yang harus mendapat prioritas,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Menurut Sony, sepeda motor seharusnya berada di lajur kiri. Pasalnya lajur kanan khusus untuk kendaraan roda empat sekaligus digunakan hanya untuk menyusul.

Baca juga: Polisi Bakal Jaga Ketat 16 Jalur Tikus buat Halau Pemudik

“Penyeberang jalan tidak boleh merasa aman sekalipun sudah menyeberang di zebra cross, jadi tetap waspada dengan melihat kondisi lalu lintas. Apabila kendaraan tidak melambat di semua lajur urungkan untuk menyebrang. Tunggu sampai benar-benar sepi dan aman,” kata Sony.

Sony juga mengingatkan, pejalan harus selalu berhati-hati dan waspada ketika berjalan di atas aspal (yang jadi 1 dengan kendaraan bermotor). Apalagi ketika berada di ujung tikungan, risiko gagal fokus dan kena dampak overshot dari pengendara sangat besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com