Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Parkir Mundur yang Aman Pakai Mobil Transmisi Matik

Kompas.com - 25/03/2021, 18:22 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas terakhir dari proses berkendara. Untuk orang masih baru bisa mengemudikan mobil, parkir merupakan hal yang menakutkan.

Apalagi jika parkir dalam keadaan sulit seperti tempat yang sempit dan parkir di mall.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, untuk parkir sebaiknya dalam keadaan mundur. Hal ini dimaksudkan agar nantinya jika ada kejadian yang tidak diinginkan seperti bencana alam, mengeluarkan kendaraan dan melakukan tindakan evakuasi akan lebih mudah.

Baca juga: Makin Galak, Kemenhub Potong 10 Truk ODOL di Bogor

Untuk parkir dalam keadaan mundur juga harus tetap waspada, apalagi menggunakan mobil transmisi matik.

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," kata Marcell kepada kompas.com, Kamis (25/03/2021).

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Marcell mengatakan pada saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem. Kalaupun pengemudi membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

Baca juga: Jika Melanggar Aturan, Polisi Akan Tilang Mobil Plat RFS dan Sejenisnya

Menurut dia, yang harus diperhatikan ketika parkir mundur paling utama pengemudi harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir.

Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan pada saat akan parkir mundur.

Pada saat parkir mundur, pastikan juga tidak hanya mengandalkan spion mobil. Sebab, pandangan di spion mobil tidak menyeluruh, ada blind spot atau titik buta yang tidak terlihat oleh pengemudi.

Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.airportparkingreservations.com Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

Pastikan juga gunakan teknologi yang ada di kendaraan, seperti sensor parkir dan kamera mundur. Sehingga bisa terlihat atau terdeteksi apa saja yang ada di belakang mobil.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan jika menggunakan sedan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," ucap Marcell.

Baca juga: Penjualan Avanza-Rush Naik163 Persen, Vios Naik 500 Persen

Marcell menambahkan, banyak kejadian kecelakaan dalam kecepatan rendah terjadi pada saat pengemudi sedang parkir. Maka dari itu kewaspadaan pengemudi sangat diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com