PO Rosalia Indah, Awalnya Travel hingga Punya Banyak Bus Tingkat, Restoran dan SPBU

Kompas.com - 25/03/2021, 15:19 WIB
bus mewah rosalia indah Arif Nugrahadibus mewah rosalia indah

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah merupakan salah satu PO bus terbesar di Indonesia. Berbagai penghargaan sudah diterima PO Rosalia Indah, mulai dari Wahana Adhigana, Pelopoe Keselamatan dan masih banyak lagi.

Melansir dari website resmi PO Rosalia Indah, Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso mengawali usaha transportasinya pada 1983.

Saat itu hanya berbekal satu armada Colt Diesel yang membawa penumpang dengan trayek Solo – Blitar.

Setelah itu berlanjut dengan membuka usaha travel dengan trayek Yogyakarta – Surabaya, Yogyakarta – Blitar atau Malang dan terus berkembang sampai 1991. Pada tahun 1991, PO Rosalia Indah menambah lima armada bus dengan sasis Hino AK dengan kelas Bumel Non AC.

Baca juga: Makin Galak, Kemenhub Potong 10 Truk ODOL di Bogor

Bus akapKaroseri Laksana Bus akap

Di tahun yang sama PO Rosalia Indah resmi menjadi perusahaan perseorangan dengan izin usaha Biro Perjalanan Umum (BPU). Selain itu juga merambah ke angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari yang mulanya hanya Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Lalu pada 2015, PO Rosalia Indah berubah menjadi perusahaan berbadan hukum dengan nama PT Rosalia Indah Transport. Hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 1.500 personil, 300 kantor agen, dan hampir memiliki 400 armada.

Memiliki armada yang banyak, trayek yang dilayani PO Rosalia Indah pun sangat luas jangkauannya.

Begitu juga kelas pelayanannya, mulai dari Travel, Microbus, Patas, VIP, Executive Class, Executive Plus, Super Executive, Super Top, dan First Class.

Baca juga: Jika Melanggar Aturan, Polisi Akan Tilang Mobil Plat RFS dan Sejenisnya

Bus AKAP Rosalia Indahpicuki.com Bus AKAP Rosalia Indah

Keunikan yang dimiliki PO Rosalia Indah ini bisa dilihat dari armadanya yang tidak mau sama dengan PO bus lainnya. Jadi PO yang bermarkas di Karanganyar ini kerap meminta detail-detail yang berbeda ketika membuat bodi bus.

Misalnya saja, di bus tingkat buatan Adiputro, PO Rosalia Indah meminta selendang yang bentuknya berbeda. Selain itu, untuk bus-bus buatan Laksana dan Tentrem, pilar A dan paling belakang bus minta dicat sewarna bodi, bukan hitam.

Bahkan PO Rosalia Indah menjadi satu-satunya pemilik bodi bus Max HDD buatan Tentrem yang menggunakan mesin belakang. Kemudian bus spesial ini juga memakai selendang setra yang menjadi ciri khas Adiputro.

Bus AKAP Rosalia IndahPinterest Bus AKAP Rosalia Indah

“Jadi Pak Roso lebih suka desain Max HDD daripada Avante saat itu. Jadi minta basic Max HDD namun pada interiornya pakai model Avante,” ucap Dimas Raditya, Anggota Forum Bismania Indonesia kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dimas menambahkan, selain melayani angkutan orang, PO Rosalia Indah juga melayani jasa pengiriman barang (Rosalia Express), Pariwisata, Rest Area, Restoran Rosin, punya pabrik air mineral sendiri, SPBU dan Hotel.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X