Ragam Kelas di Bus Tingkat, Mulai Eksekutif Sampai Sleeper Seat

Kompas.com - 25/03/2021, 17:41 WIB
Bus AKAP PO Garuda Mas Instagram/hisyam_2542Bus AKAP PO Garuda Mas

JAKARTA, KOMPAS.com – Populasi bus tingkat di Indonesia sudah cukup banyak. Beberapa PO bus di Sumatera, Jawa, dan Sulawesi sudah ada yang menggunakan bus tingkat sebagai armada Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) maupun Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Memiliki dua dek, dek bawah dan atas, tentunya bisa dimanfaatkan PO bus untuk mengangkut lebih banyak penumpang daripada bus dek tunggal. Namun, beberapa PO bus juga kerap menggunakan dek bawah sebagai kelas yang lebih tinggi.

Misalnya seperti di bus tingkat milik PO Harapan Jaya dan Rosalia Indah. Pada dek bawah, diisi kelas sleeper seat dan first class yang menggunakan kursi tidur dan di belakangnya ada kelas Super Luxury maupun Super Top dengan susunan kursi 1-2 yang lebih lebar.

Baca juga: Jika Melanggar Aturan, Polisi Akan Tilang Mobil Plat RFS dan Sejenisnya

Kabin bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus PO Rosalia Indah

Begitu juga di bus-bus tingkat Sempati Star di Sumatera dan Primadona di Sulawesi, kelas yang ada di bawah lebih mewah dibanding di atas. Ada beberapa alasan mengapa dek bawah bus tingkat kerap lebih mewah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama, dek bawah diisi lebih sedikit penumpang, jadi terasa lebih eksklusif. Kedua, penumpang tidak perlu repot turun-naik tangga,” kata Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sedangkan untuk dek atas, biasa hanya diisi dengan kelas Eksekutif, dengan kursi 2-2. Namun ada juga PO bus yang memiliki kelas yang seragam, baik di dek atas maupun bawah. Misalnya seperti Sinar Jaya, Garuda Mas dan Lorena.

Baca juga: Penjualan Avanza-Rush Naik163 Persen, Vios Naik 500 Persen

Bus AKAP PO Sinar JayaDUNIABIS.COM Bus AKAP PO Sinar Jaya

Selain itu, pada bus Sinar Jaya, Garuda Mas dan Lorena di dek bawah tidak memiliki kelas sleeper seat. Namun untuk fasilitas kursinya sudah dilengkapi dengan leg rest serta sistem hiburan Audio Video On Demand (AVOD) di setiap kursinya.

Jika mau lebih ekonomis lagi, ada bus tingkat PO Murni Jaya dan Laju Prima. Untuk di dek bawah, terdiri dari delapan kursi susunan 2-2 dengan leg rest (kelas eksekutif), sedangkan di atas, susunannya sama namun tanpa leg rest (kelas VIP).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.