Penjualan Avanza-Rush Naik163 Persen, Vios Naik 500 Persen

Kompas.com - 24/03/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi tampilan depan Toyota Rush TAMIlustrasi tampilan depan Toyota Rush
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan bahwa pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 100 persen untuk mobil baru di bawah 1.500 cc berdampak signifikan pada penjualan.

Berdasarkan catatan perseroan, sejak aturan itu berlaku 1 Maret hingga 22 Maret 2021 terjadi peningkatan penyerapan unit sampai dengan 160 persen dibanding periode sebelumnya. Bahkan khusus Vios, kenaikannya mencapai 500 persen.

"Kalau kita lihat impact insentif PPnBM cukup positif. Tapi ke depannya kita masih pelajari karena kebijakan ini memiliki time period (bertahap) dengan besaran potongan tarif yang berbeda-beda," ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto dalam diskusi virtual, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: Toyota Pastikan Produksi Mobil Hybrid di Indonesia Mulai Tahun Depan

Toyota Vios LimoStanly/Otomania Toyota Vios Limo

Lebih rinci, ia menambahkan penjualan Vios melonjak tinggi dari hanya 74 unit menjadi 459 unit sampai pada 22 Maret 2021.

Sementara penjualan model Avanza naik 130,3 persen dari sebelumnya 2.481 unit jadi 5.714 unit pada kurun waktu sama. Begitu pula dengan Rush, positif 163,3 persen dari 2.933 unit menjadi 7.725 unit.

Pada kesempatan sama, Marketing Director TAM Anton Jimmy Suwandi, menyatakan bila kenaikan penjualan juga ditopang oleh promo khusus di setiap dealer.

"Namun, bila dilihat dari komposisi kenaikan, kebijakan PPnBM ditanggung pemerintah berkontribusi sangat tinggi," ujar Anton.

Baca juga: Sepekan Recall, 1.200 Pemilik Mobil Toyota Sudah Lakukan Perbaikan

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Dari semua mobil Toyota yang mendapat diskon PPnBM, Vios merupakan model yang mendapatkan potongan harga mobil paling tinggi. Lantaran berdasarkan aturan yang masih berlaku, Vios termasuk sedan yang dikenakan tarif PPnBM sebesar 20 persen.

Sehingga selisih harga Toyota Vios setelah kebijakan PPnBM 0 persen sebesar Rp 59,95 juta hingga Rp 61,85 juta.

Toyota Rush mendapatkan potongan harga antara Rp 17,2 juta hingga Rp 18,3 juta, sedangkan Avanza potongannya antara Rp 12,6 juta hingga Rp 15,75 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X