Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Daihatsu Produksi Mobil Ramah Lingkungan Tanpa Elektrifikasi

Kompas.com - 22/02/2021, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sanksi terkait penerapan uji emisi gas buang kendaraan di Jakarta tak kunjung berlaku, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tetap berkomitmen untuk memproduksi mobil yang ramah lingkungan.

Namun demikian, jangan berharap mobil yang dimaksud adalah jenis elektrifikasi, karena Daihatsu hanya akan mengembangkan kendaraan ramah lingkungan dengan mengimplementasikan dua cara.

Pertama dengan menyediakan fasilitas uji emisi yang terdapat di ADM, dan telah bersertifikasi internasional, dan menjadi satu-satunya fasilitas uji emisi yang terlengkap dan pertama di Indonesia sampai dengan EURO VI.

Baca juga: Daihatsu Sayangkan Banyak Pihak Salah Perhitungkan PPnBM Nol Persen

Dengan demikian, Daihatsu mampu memberikan jaminan pada semua model-modelnya yang telah lulus uji emisi dan ramah lingkungan.

Fasilitas uji emisi Daihatsu dengan standar Euro VIASTRA DAIHATSU MOTOR Fasilitas uji emisi Daihatsu dengan standar Euro VI

"Hal tersebut dibuktikan melalui produk Daihatsu Indonesia yang telah diekspor ke-75 negara di dunia, mulai Asia, Timur Tengah, Afrika, sampai Amerika Latin yang mana tiap negara memiliki regulasi standar emisi berbeda," kata Soni Satriya, Executive Coordinator Engineering Division R&D PT ADM, dalam webinar yang dihelat pada Jumat ( 19/2/2021).

Langkah kedua dengan menerapkan Green Technology secara global untuk jajaran produknya. Cara ini dilakukan Daihatsu dengan beberapa pengembangan teknologi.

Mulai dari Super Intelligent Catalyst yang mampu melakukan self regeneration dan bebas perawatan, penerapan platform baru berbasis Daihatsu New Global Architechture (DNGA) yang membuat bobot lebih ringan, tangguh, dan hemat bahan bakar, serta penggunaan material yang tepat agar lebih ramah lingkungan.

Penerapan teknologi hijau DaihatsuASTRA DAIHATSU MOTOR Penerapan teknologi hijau Daihatsu

Lebih lanjut Soni juga menjelaskan, selain fasilitas dan teknologi terkini yang dimiliki, Daihatsu juga memberikan empat tips bagi konsumen agar aktif berkendara ramah lingkungan, yakni ;

Baca juga: Pembebasan PPnBM, Daihatsu Sebut Penjualan di Februari Bakal Turun

1. Perawatan berkala tepat waktu, seperti mengganti oli tepat waktu, penggantian filter udara tepat waktu, membersihkan kerak ruang bakar, selalu perika tekanan ban.

2. Menggunakan bahan bakar berkualitas, yaitu bahan bakar tanpa timbal, dan memilih RON bahan bakar sesuai rekomendasi.

3. Menerapkan teknik mengemudi Eco-driving, seperti menggunakan fitur Eco-driving, mengoptimalkan penggunaan AC, menghindari akselerasi mendadak, mengurangi kondisi idle.

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

4. Memilih rute jalan yang efisien, memiliki alternatif rute jalan lain, dan tercepat, serta menghindari kemacetan.

"Daihatsu berkomitmen untuk memberikan produk dengan standar kualitas global yang terbaik untuk pelanggan, dan lingkungan," ucap Soni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com