Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Aprilia 2021, Best Lap Aleix Espargaro Kalahkan Marquez

Kompas.com - 21/02/2021, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Jelang MotoGP 2021, belum lama ini Aprilia melakukan tes tertutup di Sirkuit Jerez, Spanyol, bersama beberapa tim lain seperti Honda dan KTM.

Tes dilakukan oleh Aleix Espargaro sebagai pebalap utama dan Lorenzo Savadori sebagai pebalap tes. Keduanya menjajal motor baru Aprilia RS-GP 2021.

Hasilnya Aleix berhasil mencatat waktu terbaik 1 menit 37,421 detik. Mengalahkan rekor lap Marc Marquez saat balapan 2019 dengan catatan 1 menit 38.051 detik.

Baca juga: Takaaki Nakagami Pamer Livery Baru buat MotoGP 2021

Aleix EspargaroFoto: Motorsport-Total.com Aleix Espargaro

"Ini baru tes pertama, tapi waktunya sudah bagus. Lintasan ini tidak pernah menjadi yang terbaik bagi kami di masa lalu," kata Aleix mengutip Motorsport-Total.com, Minggu (21/2/2021).

Aprilia kini satu-satunya merek yang masuk daftar tim konsesi. Karena itu Aprilia diizinkan untuk mengembangkan motor tanpa batasan termasuk inovasi di RS-GP.

Jika merek lain membekukan pengembangan mesin. Aprilia mengubah kepala silinder mesin V4 agar dapat putaran lebih tinggi. Serta sasis baru dan swingarm karbon pada akhir tahun lalu.

Baca juga: Aprilia Rilis RS 660 Spek Balap Khusus buat di Sirkuit

Aleix Espargaro menggunakan helm Shark saat berlaga di GP Catalunya 2019.motogp.com Aleix Espargaro menggunakan helm Shark saat berlaga di GP Catalunya 2019.

Selama liburan musim dingin Aprilia juga diketahui terus melakukan riset untuk pengembangan motor terutama di bidang aerodinamika.

"Kami masih harus menggarap performa mesin. Kemajuan di bidang ergonomi, sasis, dan elektronik menarik," kata Aleix.

"Sekarang kami menunggu Qatar, di mana kami akan memahami level kami yang sebenarnya dibandingkan dengan pebalap lain," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com