Pembebasan PPnBM, Daihatsu Sebut Penjualan di Februari Bakal Turun

Kompas.com - 19/02/2021, 17:31 WIB
Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui penjualan mobil bulan ini akan mengalami penurunan seiring keputusan pemerintah untuk berikan diskon tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mulai 1 Maret 2021.

Sebab, dalam insentif tersebut dinyatakan bahwa di tiga bulan pertama tarif PPnBM yang dikenakan ialah nol persen. Sehingga, tak sedikit calon pembeli mobil baru yang melakukan penundaan pembelian.

"Melihat dari perkembangan SPK setelah pengumuman relaksasi PPnBM, umumnya masyarakat menunda pembelian. Jadi, akan turun," papar Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT ADM Amelia Tjandra dalam diskusi virtual, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Uang Muka 0 Persen Bisa Pengaruhi Penjualan Mobil Segmen Menengah ke Bawah

Ilustrasi Daihatsu Indonesia. Ilustrasi Daihatsu Indonesia.

Apalagi, banyak dari produk Daihatsu yang masuk dalam kategori diskon PPnBM itu, seperti Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios, sampai Daihatsu Luxio.

Golongan low cost green car (LCGC) atau mobil hemat energi dan harga terjangkau serta pikap tidak berpengaruh karena saat ini tarif PPnBM-nya masih nol persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi mengenai detail penurunan harganya, kami belum bisa katakan karena Juklak belum keluar. Itu penting untuk implementasi relaksasinya seperti apa, klaimnya," ujar Amel.

"Meski mengalami penurunan penjualan pada Februari 2021, kami yakin program tersebut bisa menstimulus pasar khususnya masyarakat yang punya niat membeli mobil. Jadi, bulan-bulan setelahnya naik," tambah dia.

Baca juga: Tidak Semua Bank Kasih DP 0 Persen untuk Pembelian Kendaraan Baru

Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.DOK. ASTRA DAIHATSU MOTOR Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

Di samping itu, penurunan penjualan di bulan kedua tahun 2021 juga disebabkan oleh sedikitnya hari kerja, sebagaimana dijelaskan oleh Divisi Marketing & Customer Relation PT Astra International-Daihatsu, Hendrayadi Lastiyoso.

"Perbedaannya dari bulan biasa ialah dua sampai tiga hari. Jumlah itu sangat berarti bagi penjualan, jadi pada umumnya akan turun. Tetapi, nanti naik lagi terlebih ada relaksasi," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.