Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Bus Bio Laboratorium – Mobile PCR Lab dari Hino

Kompas.com - 18/02/2021, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Selain ada Bio Smart & Safe Bus yang dipamerkan pada Hino Product Showcase, ada juga bus Bio Laboratorium dengan menggunakan sasis Hino FC dan bodi Laksana Tourista.

Kali ini Kompas.com dapat kesempatan untuk mengulas lebih detail bus Bio Laboratorium ini yang sudah sesuai Bio Safety Cabinet Level 2. Untuk pintu masuknya, ada di sisi kanan bagian belakang.

Sebelum masuk, ada pass box, dan jendela yang ada di sisi kanan untuk mengambil hasil SWAB PCR dari luar ke ruang laboratorium. Kemudian untuk masuk ke ruangan laboratorium, kompatermen pertama yang dilewati adalah tempat untuk tenaga medis dengan APD.

Baca juga: Bus dengan Bagasi Tembus Bersasis Khusus

Bus Bio Laboratorium buatan LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus Bio Laboratorium buatan Laksana

Pada ruang pertama ini tersedia beberapa laci untuk menyimpan peralatan serta wastafel. Lalu setiap ruang dihubungkan dengan pintu yang diatur agar tidak bisa membuka secara bersamaan. Mekanisme ini dilakukan agar setiap ruangannya steril, tidak saling terkontaminasi.

Kemudian masuk ke ruang selanjutnya adalah ruang antara, bisa dibilang seperti lorong. Setiap ruangan memiliki AC masing-masing dengan tujuan setiap ruangan bersih dan tidak saling mengkontaminasi jika ACnya digabung.

Ada juga ruang ekstraksi sampel. Bagian ini lah yang sebelumnya di luar bus ada pass box. Sampel PCR akan diekstraksi dahulu, disiapkan baru dikirimkan lagi lewat pass box ke ruang PCR untuk dianalisa.

Baca juga: Diperpanjang, Ini Lokasi Penyekatan Ganjil Genap Bogor

Bus Bio Laboratorium buatan LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus Bio Laboratorium buatan Laksana

Pada ruang ekstraksi juga memiliki AC sendiri dengan tambahan HEPA filter. Kemudian untuk ruang PCR, ada pass box dari ruang ekstraksi. Kemudian untuk keluar dari laboratorium ini, ada ruang terpisah dari pintu masuknya.

Pada ruang keluar, tersedia juga tempat khusus untuk tenaga medis melepas APD. Disediakan juga tempat pembuangan limbah medis serta wastafel untuk tenaga kesehatan bersih-bersih. Pintu keluar ini ada di sisi kiri belakang bus, selain itu ada juga tangga untuk turun dari labnya.

Kemudian untuk ruang pengemudi, tersedia juga tempat dua tempat duduk untuk penumpang serta freezer kecil. Selain itu di ruang ini juga tempat untuk sistem kelistrikan pada laboratorium yang ditenagai oleh genset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com