Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patwal Jawa Barat Pakai Hyundai Kona Electric

Kompas.com - 23/01/2021, 15:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tepat hari ini, akun Instagram Prosignal Indonesia mengunggah satu foto mobil Hyundai Kona Electric yang dijadikan mobil Patwal. Tampaknya mobil seharga Rp 697 juta itu baru selesai dimodifikasi dengan memasang strobo dan sirene.

Ketika dikonfirmasi Kompas.com, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, penggunaan Kona Electric sebagai Patwal karena merupakan mobil masa depan, di mana bahan bakar minyak yang tidak bisa diperbarui sehingga akan habis.

“Maka, solusi untuk transportasi di Indonesia termasuk Jawa Barat adalah dengan mobil listrik. Terlebih nantinya Hyundai membangun pabrik untuk baterainya di wilayah Jawa Barat,” ucap Uu kepada Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Mengapa Bus Masuk di Tarif Tol Golongan I?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lightbar Sirine Strobo Whelen (@prosignal_indonesia)

 

Dengan begitu, Jawa Barat sebagai pelopor dan Uu berharap pemerintah kabupaten dan kota untuk segera memiliki mobil listrik ini. Begitu juga dengan masyarakat, jadi melirik untuk memiliki kendaraan listrik.

Mobil Patwal tersebut merupakan salah satu dari tiga mobil listrik setelah serah terima antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Hyundai Motors Indonesia pada 29 Desember 2020.

Sedangkan dua lagi dipakai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Kemudian, Uu menambahkan bahwa ada satu unit mobil listrik lagi yang akan datang dan digunakan oleh Pemprov Jabar.

Baca juga: Skuter Listrik Spacebar Mendunia, Banyak Peminat dari Luar Negeri

“Pak Gubernur juga berencana seluruh kepala dinas juga diganti dengan mobil listrik,” kata Uu.

Untuk spesifikasinya, secara dimensi, Kona Electric mempunyai ukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Selayaknya mobil crossover, mobil memiliki ground clearance sebesar 158 mm.

Review Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-anKompas.com / Setyo Adi Review Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-an

Bicara performa, mobil ini dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan mampu mengembuskan torsi 395 Nm yang didistribusikan ke roda depan.

Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km (berdasarkan NEDC) dan 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya penuh. Pengisiannya dari 0-100 persen membutuhkan 54 menit dengan pengisian cepat atau 19 jam bila menggunakan portable charging (di rumah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com