Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Benar Bersihkan Kaca Helm dari Air Hujan

Kompas.com - 23/01/2021, 13:46 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Visibilitas atau pandangan pengendara sepeda motor sangat penting untuk diutamakan. Terlebih lagi saat musim hujan, di mana air hujan yang menempel di visor bisa menghalangi pandangan.

Namun, untuk membersihkannya tidak bisa sembarangan. Sebab, air hujan yang menempel mengandung kotoran. Belum lagi cipratan lumpur dari pengendara di depan.

Baca juga: Musim Hujan, ini 6 Komponen Sepeda Motor yang Wajib Dice

Jika salah saat membersihkannya, malah bisa membuat visor jadi lecet atau terlihat kusam. Akhirnya, visibilitas pun jadi terganggu, serta kenyamanan dan keamanan berkendara juga jadi berkurang.

Helm Vespa Racing SixtiesIstimewa Helm Vespa Racing Sixties

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI), mengatakan, untuk membersihkan visor, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

"Jangan langsung mengusap kondisi visor yang kotor karena air hujan. Risikonya adalah lecet kena goresan," ujar Tugimin, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk melindungi visor, bisa juga dengan cara melapisinya dengan cairan anti air. Cairan tersebut dapat membuat efek water repellent dan juga anti kabut.

Baca juga: Musim Hujan, Ini Cara Tepat Bikin Kabin Mobil Tetap Segar

"Sudah banyak yang melakukan perawatan seperti nano coating. Saran saya, jangan sembarangan memakai cairan yang mengandung zat kimia aktif," kata Tugimin.

Tugimin menambahkan, visor helm terbuat dari bahan plastik PC yang dilapisi anti gores dan bukan seperti kaca yang notabene tahan terhadap cairan kimia.

Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.

Ada beberapa produk yang dijual di pasaran untuk perawatan visor. Sebaiknya selalu teliti saat memilih produk.

"Carilah yang kandungan bahannya waterbase atau alkohol, karena lebih aman untuk visor," ujar Tugimin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com