Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Mobil Listrik Lexus, Harga Mepet Kona EV

Kompas.com - 24/11/2020, 15:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comLexus Indonesia memastikan bakal meluncurkan produk baru pada 25 November mendatang. Kabarnya Lexus akan ikut meramaikan persaingan kendaraan ramah lingkungan dengan menghadirkan mobil listrik pertamanya.

Kabar peluncuran mobil ini sebetulnya sudah bisa terpantau di akun media sosial Lexus Indonesia.

Dalam video singkat tersebut, terlihat teaser sebuah model baru yang akan diluncurkan secara virtual melalui akun Facebook, Instagram, dan Youtube Lexus Indonesia.

Dari siluet gambar yang terlihat, tampak mobil yang akan dirilis sepertinya memiliki desain layaknya crossover atau SUV.

Baca juga: Siapkan Rp 125 Jutaan, Bikin Campervan dari HiAce Untuk Bertualang

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lexus Indonesia (@lexus_id)

Sementara untuk jantung pacunya, dapat dipastikan bahwa mobil ini merupakan Battery Electric Vehicle (BEV) atau full electric.

Santer terdengar kabar bahwa mobil yang akan meluncur adalah Lexus UX300e yang sudah melakukan debut global di ajang Guangzhou International Automobile Exhibition pada 2019.

Bisa bilang SUV ini merupakan pengembangan dari UX300 yang menggunakan mesin bensin, sehingga secara tampilan tidak berbeda jauh.

Baca juga: HR-V Jadi SUV Kompak Terlaris Oktober 2020, Corolla Cross Hybrid Kedua

Lexus UX 300e, mobil listrik murni (BEV) perdana Toyota di Indonesia siap meluncur ke pasar retail.Toyota Global Lexus UX 300e, mobil listrik murni (BEV) perdana Toyota di Indonesia siap meluncur ke pasar retail.

Sedangkan secara spesifikasi, UX300e dibekali motor listrik yang bertenaga 201 tk dan torsi 300 Nm. Mesin ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 54,3 kWh yang bisa menempuh jarak 400 km saat baterai terisi penuh.

Di China, UX300e dibanderol 352.000 yuan atau sekitar Rp 757 jutaan. SUV ini saat ini baru dipasarkan di China dan Eropa. Sementara pasar Jepang akan menyusul 2021 mendatang.

Jika mobil ini benar-benar akan segera hadir di Tanah Air, artinya Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memasarkan UX300e.

Baca juga: Bus PO ALS Sering Memakai Kursi Berbahan Fabric Bukan Kulit

Ilustrasi Lexus UX 300eresponse.jp Ilustrasi Lexus UX 300e

Dan jika nanti dipasarkan di Indonesia, artinya harga UX300e diprediksi bakal mepet dengan Hyundai Kona EV yang dipatok Rp 674,8 juta.

Sebelumnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) sempat berencana untuk memperluas pasar kendaraan elektrifikasi melalui kehadiran mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) mulai tahun depan.

“Kami akan menghadirkan kendaraan listrik untuk pasar retail melalui brand Lexus,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, dalam konferensi virtual (18/11/2020).

“Sebab, dari studi kami yang paling siap untuk menyerap teknologi tersebut ialah segmen premium,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com