Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skema Rekayasa Lalu Lintas Flyover Jalan Jakata-Supratman Bandung

Kompas.com - 06/12/2020, 07:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba rekayasa arus lalu lintas di flyover Jalan Jakarta - Supratman akan diberlakukan pada Senin dan Selasa mendatang (7-8 Desember 2020) di pagi dan sore hari.

Wakasatlantas Polrestabes Bandung AKP Galih Raditya mengatakan, keputusan ini sudah sesuai dengan hasil rapat antara pihak kepolisian dan Pemerintah Kota Bandung pada Jumat (4/11/2020).

“Hasil rapat marathon hari ini dan kemarin, antara fungsi lalu lintas di Kota Bandung rekayasa jalur di Flyover Jalan Jakarta - Supratman kita akan laksanakan ujicoba hari Senin dan Selasa,” katanya.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Waspadai 3 Masalah Ini

Seorang pengendara tidak menggunakan masker saat melintas di Terusan Jalan Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/07).RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO Seorang pengendara tidak menggunakan masker saat melintas di Terusan Jalan Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/07).

Secara rinci, besok uji coba dilakukan dengan cara satu jalur dan keesokan harinya (Selasa, 8 Desember 2020) dengan cara dua jalur.

“Setelah rapat dua kali, muncul dua opsi apakah nanti flyover dilakukan dua arah atau satu arah. Kita uji coba dulu, baru nanti akan kita pilih mana yang terbaik untuk warga Kota Bandung,” jelasnya.

Galih menyebut, waktu uji coba hari pertama dilakukan pagi dan sore hari yaitu pukul 06.00 WIB - 09.00 WIB dan 15.00 WIB -19.00 WIB. Di luar waktu tersebut, arus lalu lintas yang berlaku ialah dua arah.

Baca juga: Group Astra Dorong Laju Ekspor Otomotif Indonesia

“Untuk di hari Selasanya, jam yang sama dua arah dari pukul 06.00-09.00 WIB paginya dan pukul 15.00-19.00 WIB,” tambah dia.

Uji coba ini dilakukan untuk menentukan cara operasional jalan layang ini apakah satu jalur atau dua jalur. Juga perhitungan jumlah volume kendaraan, beban arus lalu lintas dan evaluasi lainnya yang diharapkan dapat menjadi solusi kemacetan di jalan tersebut.

“Setelah uji coba, kita akan melakukan rapat lagi untuk memutuskan kepada forum lalu lintas, apakah dua jalur atau satu jalur yang baik,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com