Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMMDes Turut Berperan Tekan Penyebaran Pandemi Covid-19

Kompas.com - 16/11/2020, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi beragam langkah PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) yang turut aktif berperan dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19 di tanah Air.

Pasalnya, perusahaan kerap menjalin kerja sama dengan Kemenperin untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar lingkungan KMWI dengan menggunakan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Sterilisasi ini mencakup enam lingkungan Rukun Warga (RW), yang meliputi lebih dari 5.500 penduduk di Desa Karang Asam Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Elektrifikasi Picu Persaingan Ketat Industri Otomotif Indonesia

Ilustrasi Kendaraan AMMDesKemenperin Ilustrasi Kendaraan AMMDes

"Kami bangga terhadap AMMDes selaku karya anak bangsa, yang memiliki beragam fungsi, hingga mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier, Senin (16/11/2020).

AMMDes yang digunakan sebagai fasilitas penyemprotan cairan tersebut ialah pengembangan dari unit water tank yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Taufiek menegaskan, pihaknya aktif mendorong pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini. Misalnya, ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam antisipasi penyebaran Covid-19.

“Jadi, memang dibutuhkan kegiatan riset terus menerus sehingga bisa menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri kita," kata Taufiek.

Baca juga: Percepatan Era Kendaraan Listrik, Kemenperin Latih IKM

AMMDesNMAA AMMDes

"Tujuan utamanya adalah pemerataan ekonomi dan pembangunan di daerah, serta meningkatkan produktivitas masyarakat dan pelaku usaha,” tambahnya.

Sebab, lanjut Taufiek, di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, pelaku industri dituntut agar bisa lebih efisien dalam proses produksinya guna dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru imbas pandemi Covid-19.

“Kami optimistis, AMMDes mampu menjawab persoalan itu karena alat multifungsi ini menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui dengan kendaraan besar,” ujar Taufiek.

Presiden Direktur KMWI, Reiza Treistanto, menyampaikan terima kasih kepada Kemenperin yang telah mendukung upaya perusahaan untuk berkontribusi menjalankan program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Ini Patokan Dasar Berkendara Irit, Tak Hanya Jenis BBM

AMMDes mulai diekspor ke NigeriaAstra Otoparts AMMDes mulai diekspor ke Nigeria

Salah satu langkah strategisnya adalah melakukan alih fungsi AMMDes water tank sebagai alat penyemprot cairan disinfektan.

“Kami bersama Kemenperin telah menjalin kerja sama dengan baik melalui pengembangan AMMDes yang dapat dimanfaatkan masyarakat di berbagai daerah. Contoh lainnya, seperti AMMDES ambulance feeder di Lebak, Banten dan AMMDes pasca-panen pisang di Tanggamus, Lampung,” sebutnya.

Selain itu, AMMDes penjernih air yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih pada saat musim kemarau maupun tanggap darurat bencana seperti di Palu, Sigi, dan Donggala pascabencana gempa bumi dan tsunami beberapa waktu lalu.

Adapun tingkat komponen lokal di AMMDes sendiri kini mencapai 70 persen. KMWI telah menyatakan siap memproduksi massal dengan total kapasitas 6.000 unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com