AMMDes Disulap Jadi Mobil Penyemprot Disinfektan

Kompas.com - 16/11/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi Kendaraan AMMDes KemenperinIlustrasi Kendaraan AMMDes
|

JAKARTA, KOMPAs.com – Pada masa pandemi seperti sekarang, kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) ternyata punya peran penting menekan penyebaran Covid-19.

PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen kendaraan ini telah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar lingkungan perusahaan KMWI.

AMMDes berperan mensterilisasi enam RW di Desa Karang Asem Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat yang meliputi sekitar 5.500 penduduk.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Poin Joan Mir Sudah Tak Terkejar

AMMDesNMAA AMMDes

Kebetulan model yang digunakan merupakan pengembangan dari unit water tank, yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyemprot disinfektan.

“Kami bangga terhadap AMMDes selau karya anak bangsa, yang memiliki beragam fungsi,” kata Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, dalam keterangan resmi (16/11/2020).

“Hingga mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” ucap Taufiek.

Baca juga: Kelebihan Suzuki GSX-RR, Rahasia Joan Mir Bisa Juara Dunia

AMMDesNMAA AMMDes

Taufiek menambahkan, pihaknya mendorong aktif pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini.

Apalagi di tengah kondisi pandemi, pelaku industri dituntut agar bisa lebih efisien dalam proses produksinya.

Penggunaan AMMDes diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan bagi pelaku industri Tanah Air dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga: Mencoba Junior Executive PO Raya, Pakai Kursi Bekas Pesawat

AMMDes ambulance feederIstimewa AMMDes ambulance feeder

“Jadi memang dibutuhkan kegiatan riset terus menerus sehingga bisa menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri kita,” ujar Taufiek.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X