Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Diecast Expo 2020 Akan Digelar dengan Format Virtual

Kompas.com - 16/11/2020, 16:20 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2020 akan dihelat dengan mengusung konsep hybrid, yaitu penggabungan antara konsep event online dan offline.

IDE 2020 dijadwalkan berlangsung pada 29 November – 3 Desember 2020, dengan menggandeng Tokopedia, serta Hot Wheels Indonesia yang akan menghadirkan desainer Hot Wheels kenamaan, Phil Riehlman.

“Melalui konsep hybrid, IDE berusaha beradaptasi dengan kondisi yang menuntut inovasi dan perubahan seperti sekarang ini. Konsep baru ini juga menjadi bukti bahwa IDE juga adalah sebuah industri kreatif yang dinamis serta bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada,” papar Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020 dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (16/11/2020).

Berlangsung selama lima hari, IDE akan menghadirkan program andalan yaitu Toys Crazy Sale (TCS). Melalui TCS, IDE dan Tokopedia beserta merchant yang berpartisipasi dalam program ini akan menghadirkan penawaran menarik bagi pecinta diecast dan mainan di seluruh Tanah Air.

Baca juga: Cerita Morbidelli Soal Persaingan Sengit dengan Miller di Lap Terakhir

                               Indonesia Diecast Expo 2020Istimewa Indonesia Diecast Expo 2020

Kolaborasi IDE dan Tokopedia berupaya memberikan kanal bagi pegiat usaha diecast ataupun mainan secara umum untuk bisa memanfaatkan online marketplace dalam menawarkan produk mereka.

Sementara itu, pemanfaatan Tokopedia Play sebagai sarana video livestream berguna untuk menawarkan produk secara interaktif. Diharapkan melalui TCS ini pegiat usaha dapat mempertahankan bisnis mereka di tengah kondisi pandemi seperti ini.

“Pegiat usaha yang mengadopsi kanal digital dinilai lebih tangguh dalam mempertahankan bisnis dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan, khususnya di tengah pandemi. IDE adalah salah satu contoh pergelaran offline yang beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan platform online Tokopedia,” kata David Kartono, AVP of Business Tokopedia.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Poin Joan Mir Sudah Tak Terkejar

                               Indonesia Diecast ExpoIstimewa Indonesia Diecast Expo

IDE Hybrid Format 2020 tidak hanya menampilkan ajang jual beli, penyelenggara juga akan mengadakan Live Talks, yaitu program talk show yang ditayangkan secara langsung di Tokopedia Live dengan menghadirkan influencer di dunia diecast.

Hal yang menarik pada gelaran tahun ini, kompetisi balap (IDE Live Race Competition) akan disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Indonesia Diecast Expo 2020Istimewa Indonesia Diecast Expo 2020

Sementara itu, keseruan gelaran diecast ini bahkan akan lebih istimewa dengan keadiran desainer Hot Wheels asal Amerika Serikat, Phil Riehlman. Pada tahun ini, IDE bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia untuk mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman.

Setiap peserta yang mendaftar acara Web-Dinner akan mendapatkan dua buah special event car berupa cuztomized Hot Wheels Mini Cooper edisi terbatas yang hanya dibuat 70 unit per mobil. Serunya, setiap peserta juga berhak mendapatkan sign sheet yang akan langsung ditandatangani oleh Phil.

“Ini adalah bentuk dukungan Hot Wheels Indonesia terhadap IDE. Melalui kolaborasi ini, Hot Wheels Indonesia berharap IDE akan terus bisa berkembang dan menjadi tolak ukur pameran diecast di dunia,” kata Rani Sutedja, Senior Brand Manager Hot Wheels Indonesia.

Baca juga: Perjalanan Suzuki di MotoGP, Sempat Mundur Karena Tak Punya Uang

Indonesia Diecast ExpoIstimewa Indonesia Diecast Expo

Sejak pertama kali diselengarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus menunjukkan tren peningkatan. Selain itu jumlah pengunjung setiap tahunnya juga selalu mengalami peningkatan, mulai dari 10.742 pengunjung di 2014 hingga 13.815 orang pengunjung di tahun 2019.

Tak hanya itu, dalam empat tahun terakhir ajang IDE juga dihadiri oleh bintang tamu internasional seperti Hell’s Dept dari Jepang pada tahun 2016, serta diecaster internasional asal Amerika Serikat yaitu Chris Strangler pada tahun 2017, Jun Imai pada 2018 dan Brendon Vetuskey pada 2019 silam.

                               Indonesia Diecast ExpoIstimewa Indonesia Diecast Expo

“Kesuksesan penyelenggaraan IDE sebelumnya yang telah berlangsung selama enam tahun berturut-turut menjadi pembuktian bahwa gelaran ini merupakan tolak ukur industri diecast Tanah Air. Hal ini juga semakin menguatkan bahwa industri diecast merupakan industri kreatif yang potensial di Indonesia,” pungkas Wahyu.

Dalam perjalanan menyambut acara puncak IDE 2020, telah dilakukan kegiatan virtual “Road to IDE 2020”, diantaranya IDE Talks, yaitu live podcast bersama para komunitas diecast Tanah Air dan aksi amal untuk membantu pihak yang terdampak pandemi Covid-19 bersama Gerakan Indonesia Kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com