Indonesia Diecast Expo 2020 Akan Digelar dengan Format Virtual

Kompas.com - 16/11/2020, 16:20 WIB
Indonesia Diecast Expo IstimewaIndonesia Diecast Expo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2020 akan dihelat dengan mengusung konsep hybrid, yaitu penggabungan antara konsep event online dan offline.

IDE 2020 dijadwalkan berlangsung pada 29 November – 3 Desember 2020, dengan menggandeng Tokopedia, serta Hot Wheels Indonesia yang akan menghadirkan desainer Hot Wheels kenamaan, Phil Riehlman.

“Melalui konsep hybrid, IDE berusaha beradaptasi dengan kondisi yang menuntut inovasi dan perubahan seperti sekarang ini. Konsep baru ini juga menjadi bukti bahwa IDE juga adalah sebuah industri kreatif yang dinamis serta bisa beradaptasi dengan segala perubahan yang ada,” papar Wahyu Prabowo, Public Relations IDE 2020 dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (16/11/2020).

Berlangsung selama lima hari, IDE akan menghadirkan program andalan yaitu Toys Crazy Sale (TCS). Melalui TCS, IDE dan Tokopedia beserta merchant yang berpartisipasi dalam program ini akan menghadirkan penawaran menarik bagi pecinta diecast dan mainan di seluruh Tanah Air.

Baca juga: Cerita Morbidelli Soal Persaingan Sengit dengan Miller di Lap Terakhir

                               Indonesia Diecast Expo 2020Istimewa Indonesia Diecast Expo 2020

Kolaborasi IDE dan Tokopedia berupaya memberikan kanal bagi pegiat usaha diecast ataupun mainan secara umum untuk bisa memanfaatkan online marketplace dalam menawarkan produk mereka.

Sementara itu, pemanfaatan Tokopedia Play sebagai sarana video livestream berguna untuk menawarkan produk secara interaktif. Diharapkan melalui TCS ini pegiat usaha dapat mempertahankan bisnis mereka di tengah kondisi pandemi seperti ini.

“Pegiat usaha yang mengadopsi kanal digital dinilai lebih tangguh dalam mempertahankan bisnis dan menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan, khususnya di tengah pandemi. IDE adalah salah satu contoh pergelaran offline yang beradaptasi dengan pandemi melalui pemanfaatan platform online Tokopedia,” kata David Kartono, AVP of Business Tokopedia.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Poin Joan Mir Sudah Tak Terkejar

                               Indonesia Diecast ExpoIstimewa Indonesia Diecast Expo

IDE Hybrid Format 2020 tidak hanya menampilkan ajang jual beli, penyelenggara juga akan mengadakan Live Talks, yaitu program talk show yang ditayangkan secara langsung di Tokopedia Live dengan menghadirkan influencer di dunia diecast.

Hal yang menarik pada gelaran tahun ini, kompetisi balap (IDE Live Race Competition) akan disuguhkan melalui konsep diorama dengan mengambil suasana jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Diorama IDE Live Race Competition sendiri berukuran 4,8 meter persegi dengan total jalur balap sepanjang 8,5 meter.

Indonesia Diecast Expo 2020Istimewa Indonesia Diecast Expo 2020

Sementara itu, keseruan gelaran diecast ini bahkan akan lebih istimewa dengan keadiran desainer Hot Wheels asal Amerika Serikat, Phil Riehlman. Pada tahun ini, IDE bekerja sama dengan Hot Wheels Indonesia untuk mengadakan acara Web-Dinner atau temu virtual bersama Phil Riehlman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X