Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Plus Minus Pakai Berbagai Warna Visor Helm

Kompas.com - 28/10/2020, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kaca helm atau visor merupakan salah satu komponen yang menunjang kenyamanan pengendara motor. Fungsinya adalah melindungi mata dan wajah dari angin, debu, kerikil kecil, binatang terbang, dan sebagainya ketika tengah berkendara.

Biasanya ketika membeli helm, sudah termasuk dengan visor bawaan. Namun, bagi yang kurang puas, bisa mengganti dengan warna lain seperti gelap atau smoked atau iridium yang memiliki tampilan seperti cermin.

Head Of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, masing-masing warna visor helm memiliki keunggulan dan tentunya kekurangannya. Misalnya visor smoked dan iridium yang enak digunakan di siang hari.

Baca juga: Blokir STNK Segera Berlaku, Pelajari Regulasinya

Manfaat pakai intercom helm untuk pemotorGridOto Manfaat pakai intercom helm untuk pemotor

Visor smoked dan iridium jika dipakai di siang hari akan sangat membantu mata kita menjadi tidak silau. Sementara yang bening malah jadi silau,” ucap Agus kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Untuk visor bening sendiri, akan lebih nyaman digunakan saat malam hari. Sementara warna smoked atau iridium akan lebih gelap jika dipakai saat malam. Agus juga mengatakan, kualitas visor sendiri kembali ke merek dari helmnya.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

“Ada juga warna smoked dan iridium jika digunakan malam hari tetap terang, walau tidak sebening yang clear, tergantung dari merek helm itu sendiri. Biasanya helm merek premium pasti lebih nyaman apapun warna visornya,” kata Agus.

Namun jika kembali ke sisi keamanan, akan lebih baik kalau pengendara menggunakan visor yang bening. Karena obyek di jalan akan sangat jelas terlihat, apalagi jika berkendara di malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com