Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Lembang Selama Libur Panjang

Kompas.com - 28/10/2020, 07:22 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan pada H-1 Lebaran di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Larangan diberlakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPetugas melakukan pemeriksaan pada H-1 Lebaran di check point penyekatan pertama di ruas tol Jakarta - Cikampek Km 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Larangan diberlakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui Operasi Ketupat 2020. Kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan kendaraan umum berpenumpang dilarang keluar dari wilayah Jabodetabek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Satlantas Polres Cimahi mulai memberlakukan rekayasa lalu lintas di beberapa simpul kemacetan objek wisata sekitar Lembang, Jawa Barat jelang libur panjang, cuti bersama pada 28 Oktober - 1 November 2020.

Melalui keterangan tertulis, salah satu langkah yang diambil ialah memasang water dan rubber cone di depan Farm House dan simpang Beatrix. Lembang, KBB.

"Kita mulai melakukan persiapan untuk antisipasi lonjakkan lalu lintas selama libur panjang. Kita pasang water barrier untuk kanalisasi arus di Lembang," ujar KBO Satlantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: STNK Mati 2 Tahun Diblokir, Kendaraan Jadi Barang Rongsokan

Manusia silver yang ada dipersimpangan jalan POM VIIII, simpang DPRD Sumatera Selatan Palembang, Jumat (11/9/2020).KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Manusia silver yang ada dipersimpangan jalan POM VIIII, simpang DPRD Sumatera Selatan Palembang, Jumat (11/9/2020).

Bersamaan dengan itu, pihak Satlantas juga akan menerjunkan 80 personel yang disebar di beberapa titik termasuk pintu masuk objek wisata mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan.

“80 personel yang akan difokuskan di Lembang, nanti akan disebar termasuk di kawasan objek wisata. Tapi ada juga personel yang ditempatkan di Cimahi dan Padalarang,” kata Erin.

Ia memprediksi wisatawan baru mulai masuk ke kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang. Wisatawan yang datang kebanyakan berasal dari Jakarta, Karawang, Bekasi, dan daerah lain yang berada di sekitarnya.

Baca juga: Efek Mobil Sering Parkir di Tanjakan atau Turunan

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

“Kemungkinan wisatawan baru akan tiba di Lembang hari pertama libur panjang. Kalau besok belum, mungkin baru persiapan memulai perjalanan,” ujar dia.

Jika terjadi penumpukan kendaraan wisatawan, Satlantas Polres Cimahi bakal menerapkan cara bertindak rekayasa lalulintas seperti oneway. Namun penerapannya bergantung pada kondisi kendaraan di jalan raya alias situasional.

“Kalau ada penumpukan biasanya langsung kita lakukan penarikan kendaraan ke atas atau sebaliknya, tergantung pada kondisi di lapangan,” tandas Erin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X