Libur Panjang, Touring Naik Skutik Wajib Cek Komponen Ini!

Kompas.com - 28/10/2020, 09:12 WIB
Honda ADV 150 Foto: AHMHonda ADV 150

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang akhir Oktober 2020 bisa diisi dengan berbagai acara. Salah satunya ialah touring memakai sepeda motor, termasuk motor matik alias skutik.

Seperti diketahui skutik awalnya didesain bukan untuk berkendara jauh. Skutik lahir untuk komuter ringan perkotaan yang gesit, nyaman, dan akomodatif bisa membawa beban banyak.

Tapi nyatanya banyak pengguna skutik yang justru suka jalan jauh. Pemakaian yang mudah yaitu tinggal gas dan rem jadi keunggulan karena lebih nyaman.

Baca juga: Libur Panjang Naik Mobil, Bawa Barang Sewajarnya Saja

Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbedaKompas.com/Setyo Adi Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda

Saat ini pabrikan motor mulai ekspansi menawarkan berbagai varian skutik. Pilihan skutik sekarang makin lebar, mulai dari kapasitas mesin hingga model, seperti skutik adventure.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, agar kegiatan touring aman dan nyaman intinya ialah cek bagian Continuously Variable Transmission ( CVT).

"Sebelum melakukan touring sebaiknya periksa bagian CVT di bengkel resmi, karena jika ada kendala di perjalanan sparepart-nya agak sulit ditemukan di bengkel umum," kata kepada Kompas.com, Selasa (27/10/2020).

Baca juga: Mobil Parkir dengan Posisi Ban Depan Tak Lurus, Power Steering Bisa Rusak?

Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harianKompas.com / Setyo Adi Skutik Yamaha Freego dalam pengujian harian

Tak lupa kata Agus, cek sistem pengereman dan kelistrikan. Pastikan semua dalam kondisi normal dan berfungsi dengan baik.

Agus mengatakan, cara mengerem skutik berbeda karena engine brake yang dihasilkan kecil. Cara mengerem yang dianjurkan ialah menarik tuas menggunakan empat jari.

"Gunakan empat jari saat mengerem agar gas dapat tertutup secara sempurna sehingga putaran mesin dapat berkurang dan membantu pengereman jadi lebih efektif," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X