Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang New Normal, Honda Bikin Kejuaraan Balap Virtual

Kompas.com - 18/06/2020, 17:42 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih dalam kondisi masa transisi menuju kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) tetap menegaskan komitmennya untuk mempopulerkan olahraga balap di Tanah Air.

Menyikapi kondisi yang masih dengan adanya keterbatasan, Honda mencoba untuk berinovasi menggelar ajang balap virtual yang dibuka secara umum dan dapat dimainkan oleh para peserta tanpa harus keluar rumah.

Bertemakan Honda Racing Simulator Championship (HRSC), ajang ini dikemas menjadi sebuah kejuaraan simulator balap secara online yang untuk kali pertamanya digelar oleh pabrikan otomotif Indonesia dan memiliki skala nasional.

Baca juga: Honda Jazz Terbaru di China, Lebih Cocok Masuk Indonesia

Menurut Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy, kejuaran HRSC diselenggarakan dengan beberapa alasan.

Pertama karena sejalan dengan semangat Honda yang ingin memberikan pengalaman balap bagi semua orang, serta alasan lain karena elaras dengan DNA sport pada jajaran produk Honda.

Honda Civic Type R menaklukkan sirkuit Magny-Cours GP, Perancis.ISTIMEWA Honda Civic Type R menaklukkan sirkuit Magny-Cours GP, Perancis.

"HRSC sejalan dengan semangat Everyone Can Race agar makin banyak orang yang dapat menikmati ajang balap, bukan hanya di lintasan tetapi juga dari rumah masing-masing. Kami percaya ajang ini dapat menjadi wadah bagi pembalap pemula dalam mengasah bakat dan menunjukkan prestasinya," ujar Yusak dalam konferensi pers virtual, Kamis (18/6/2002).

Selain itu, Billy juga menegaskan penyelenggaran acara ini juga berlangsung dalam kondisi beradaptasi menuju new normal yang mana mulai banyak masyarakat makin terbiasa menggunakan platform digital dalam melakukan berbagai aktivitas.

Dalam pelaksanaanya, HPM menggandeng HM Engineering sebagai penyelenggara dan menggunakan program simulator balap Rfactor 2. Program tersebut merupakan salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata.

Baca juga: Balap OMR Yamaha dan Honda Bisa Digelar, tetapi dengan Syarat

Kejuaraan HRSC mengusung konsep balap One Make Race (OMR) yang mana masing-masing pesertanya akan berlaga menggunakan unit Honda Civic Type R Sport Version. Peserta akan berlomba mengumpulkan poin pada enam seri yang sudah di jadwalkan dan dimulai dari 4 Juli hingga 29 Agutus 2020.

Enam seri tersebut akan digelar di enam sirkuit virtual yang sudah ditentukan sebelumnya. Mulai dari Sirkuit Suzuka, Sepang, Silverstone, Interlagos, Zaandvoort, dan juga Estoril.

Kejuaraan ini terbuka untuk umum, pendaftaran sudah dimulai dari 15 Juni sampai 4 Juli 2020 pukul 13.00 WIB. Hingga saat ini, sudah ada 116 peserta yang melakukan pendaftaran, hal ini pun cukup menandakan respon yang positif.

"Hingga tadi malah sudah 116 peserta, cukup positif bagi ajang perdana yang baru saja akan kami mulai. Secara keseluruhan pesertanya itu bebas, siapa saja bisa ikut tapi nanti akan kami saring lagi menjadi 60 peserta untuk dipisahkan 30 profesional dan 30 amatir," ucap Communication Strategy Manager HPM Adhi Parama Sugarda.

Sementara untuk hadiah yang ditawarkan Honda dalam ajang balap virtual HRSC ini totalnya mencapai Rp 65 juta yang akan diberikan kepada lima orang terbaik dari masing-masing kelas.

Baca juga: Pengelola Sirkuit Sentul Sudah Susun Protokol Kesehatan untuk Balap

Pada kelas profesional, juara pertama akan mendapatkan hadiah Rp 20 juta, juara kedua Rp 10 juta, ketiga Rp 8 juta, keempat Rp 6,5 juta, Rp 5,5 juta untuk urutan kelima.

Sementara kelas Amateur, juara pertama akan memperoleh hadiah Rp 5 juta, kedua sebanyak Rp 4,5 juta, ketiga Rp 3 juta, keempat Rp 2 juta dan kelima Rp 1 juta.

Honda Civic Type Ristimewa Honda Civic Type R

Owner HM Engineering Haris Muhammad, mengatakan peserta yang berminat mengikuti HRSC dapat mengunduh game "Rfactor 2" melalui situs https://store.steampowered.com/.

Setelah itu, peserta dapat mengisi formuli pendaftaran di https://discord.gg/5C8KCdh dan wajib memenuhi beberapa syarat, seperti memiliki alat simulator, game “Rfactor 2” dan mempunyai akun disitus Steam.

"Pendaftaran terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Sementara untuk ajang kali ini hanya bisa dimainkan menggunakan PC tidak melalui media lainnya," kata Haris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com