Jangan Lupa, Ganti Warna Cat Mobil dan Motor Wajib Ubah STNK

Kompas.com - 18/06/2020, 16:22 WIB
Tren warna mobil pada 2020 didominasi warna kalem Foto: IstimewaTren warna mobil pada 2020 didominasi warna kalem
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Lumrah bagi pemilik kendaraan baik mobil atau sepeda motor mengganti cat bawaan pabrik. Entah karena bosan, cat lama sudah kusam atau memang mencari suasana baru.

Meski demikian harap diperhatikan, jika mengganti cat beda warna atau mengubah spesifikasi kelir kendaraan maka pemilik wajib mengubah data pada STNK dan BPKB.

Mengapa demikian, sebab kelir kendaraan harus sesuai dengan STNK dan BPKB. Jika di jalan ada razia atau melanggar maka polisi berhak menilang sebab spesifikasi kendaraan berbeda dengan STNK.

Baca juga: Jangan Sepelekan Fungsi Penting Jalu Setang Motor

Sejumlah STNK asli tapi palsu yang diamankan polisi dari jangan sindikat pemalsuan STNK dan notice pajak. Lima pelaku yang terlibat dalam jaringan kejahatan ini telah diamankan dan dijadikan tersangkaKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejumlah STNK asli tapi palsu yang diamankan polisi dari jangan sindikat pemalsuan STNK dan notice pajak. Lima pelaku yang terlibat dalam jaringan kejahatan ini telah diamankan dan dijadikan tersangka

Menurut UU No 22 tahun 2009 soal LLAJ, pasal 288 menyebut, pelanggar bahkan dapat dikenai pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi, mengatakan, segala perubahan wajib segera mengurus surat-surat atau dokumen kendaraan agar tidak melanggar hukum.

Baca juga: [VIDEO] Menguji SUV Blasteran Inggris China, MG ZS

Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020KOMPAS.com/Ruly Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

"Bagi pemilik kendaraan yang melakukan perubahan warna pada kendaraannya, harus mengurus dokumen kendaraan kembali. Sebab, ada perubahan data yakni warnanya," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Meski demikian, ada cara supaya bisa ganti kelir tanpa harus ubah STNK. Pertama ialah melakukan pengecetan sesuai dengan warna asli atau yang tertera pada STNK.

Kedua, yaitu modifikasi seperti menggunakan variasi stiker kendaraan yang menutup seluruh badan mobil. Karena dengan demikian tidak dikategorikan sebagai mengubah warna dan masuk pelanggaran.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X