Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Saat Naik Motor dan Berpuasa di Tengah Pandemi dan PSBB

Kompas.com - 10/05/2020, 14:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat lebih banyak di rumah, tapi tidak semua sebab ada beberapa profesi seperti ojek online (ojol) yang tetap mesti berkerja di luar.

Untuk itu buat yang masih beraktivitas di luar ruangan dan berpuasa harus menjaga tubuh. Berpuasa memang seharusnya tidak menghalangi aktivitas, termasuk dalam mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Selama PSBB, Kendaraan yang Kebut-kebutan di Jalan Raya Bakal Disita

Meski begitu saat berpuasa mesti lebih hati-hati. Sebab mengendarai motor merupakan kegiatan penuh risiko, banyak tantangan di jalan raya bisa berbahaya karena kurang konsentrasi.

Kemacetan di pintu masuk Kota Banjarmasin saat PSBB hari pertama diberlakukan, Jumat (24/4/2020).KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR Kemacetan di pintu masuk Kota Banjarmasin saat PSBB hari pertama diberlakukan, Jumat (24/4/2020).

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, tips supaya tetap bugar mengendarai motor saat berpuasa yaitu dengan menjaga pola hidup yang benar.

"Usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik, dan selalu gunakan riding gear yang aman dan nyaman sehingga tubuh menjadi lebih rileks saat berkendara," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Ini Bahayanya jika Kebut-kebutan Saat Jalanan Lengang

Agus mengatakan tips agar tetap fit berkendara saat puasa, yaitu makan sahur dengan gizi yangg cukup serta konsumsi multivamin atau suplemen tubuh agar kondisi tubuh selama berpuasa tetap terjaga.

Polisi ingatkan etika saat naik motor.Divisi Humas Polri Polisi ingatkan etika saat naik motor.

"Istirahat atau tidur yang cukup dan setelah sahur usahakan untuk melakukan aktivitas atau olahraga ringan sebelum mulai berkendara, lalu usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik," katanya.

Tak lupa yaitu mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, memakai sarung tangan, membawa pembersih, dan menjaga jarak dengan orang lain dan peraturan PSBB untuk mencegah penularan Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com