Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Bikin Aki Mobil Tak Mudah Tekor

Kompas.com - 31/03/2020, 13:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa dipakai pun aki mobil akan tekor sendiri. Sebab, perangkat itu tidak bisa mengisi daya sendiri, dan pada mobil zaman sekarang aki menyuplai listrik untuk beberapa komponen lain.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna, mengatakan, tanpa pengisian daya sama sekali maka aki akan tekor dalam kurun 3-4 bulan, karena harus menyuplai untuk beberapa komponen elektronik.

Baca juga: Kenali Tanda Awal Aki Motor Mulai Soak

"Mobil sekarang dilengkapi dengan kontrol elektronik salah satunya alarm, walaupun dia sifatnya hanya stanby (terjaga) tapi arusnya tetap jalan dan memakai aki," kata Suparna kepada Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Teknik jumper aki mobil.Ghulam/Otomania Teknik jumper aki mobil.

Oleh karena itu, lanjut Suparna, biar aki tidak tekor maka mobil perlu dipanaskan, tujuannya agar aki bisa mengisi daya lagi selama mesin hidup.

"Tapi tidak cukup hanya posisi langsam saja, buka gas sedikit tinggi tapi tidak perlu sampai gerung-gerung misalkan idling dikisaran 700-800 rpm, kita gas sekitar 1.000- 1.200 rpm itu hanya kondisi agar aki tidak tekor," katanya.

Baca juga: Komponen Kawasaki KSR Apa Bisa Diakali dengan Motor Lain?

Meski demikian, Suparna mengatakan, lebih bagus lagi kalau mobil diajak jalan meski tidak jauh. Sebab seperti disebutkan, saat dikendarai artinya mobil harus digas. 

"Tapi lebih bagus lagi tipsnya adalah kendaraan dipakai, saat ini Work Form Home (WFH) kita kan tidak berarti lockdown sama sekali tidak boleh keluar rumah, jadi paling bagus kendaraan dikeluarkan dari garasi, diajak muter meski tidak jauh," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com