Komponen Kawasaki KSR Apa Bisa Diakali dengan Motor Lain?

Kompas.com - 31/03/2020, 11:02 WIB
Kawasaki KSR Instagram @ksr_racing_hobbies_Kawasaki KSR

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kendala yang dirasakan oleh para pemilik Kawasaki KSR di Indonesia adalah harga suku cadang atau komponennya yang cukup mahal. Selain itu, barangnya juga belum tentu ada stoknya.

Sebab, Kawasaki KSR di Indonesia didatangkan secara utuh dari Thailand alias Completely Built Up (CBU). Maka itu, untuk komponennya juga didatangkan dari negara asalnya.

Baca juga: Kawasaki KSR, Motor Mini yang Banyak Diminati

Beberapa komponennya yang bersifat fast moving bahkan bisa tembus ratusan ribu rupiah. Situasi ini membuat sebagian pemilik KSR mencari substitusi komponen KSR dengan motor Kawasaki lainnya yang diproduksi di Indonesia atau istilahnya diakali.

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

Erik Budiharjo, dedengkot Kawasaki KSR Community (KKC) Jabodetabek, mengatakan, untuk substitusi dengan motor lain, yang pernah dia coba adalah karet seal suspensi depan.

"Suspensi upside down kan yang namanya pemakaian pasti bisa getas. Nah, seal ini bisa pakai milik Kawasaki Athlete," ujar pria yang akrab disapa Mbah tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KSR

Mbah menambahkan, untuk sektor mesin juga persamaannya lebih banyak ke arah Athlete atau Blitz Joy. Tapi, untuk beberapa suku cadangnya memang tidak bisa disubstitusikan alias khusus.

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

"Kalau kampas kopling, tidak ada aftermarket-nya. Tapi, teman-teman di komunitas biasanya pakai per kopling Kawasaki GTO, biar lebih responsif," kata Mbah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X