Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Tol Dalam Kota Dikebut, Simak Pengalihan Arus Lalu-Lintas di Kelapa Gading

Kompas.com - 02/02/2020, 12:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalu lintas di sejumlah ruas Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara akan direkayasa sehubungan dengan pembangunan enam ruas jalan tol dalam kota Jakarta tahap 1 seksi Kelapa Gading - Pulo Gebang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, rekayasa itu berlaku mulai 1 Februari 2020 sampai 29 Februari 2020.

"Salah satu pembangunannya itu kolom di Jalan Boulevard Barat Raya sisi selatan dekat Jembatan Gading Marina. Guna menunjang pekerjaan, dilakukan pelebaran jembatan eksisting," katanya di keterangan tertulis, Minggu (2/2/2020).

Baca juga: Penindakan Tilang Elektronik Motor Dimulai Besok

kondisi terkini banjir kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/1/2020)KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI kondisi terkini banjir kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/1/2020)

Menurut Syafrin, rekayasa lalin dilakukan sesuai dengan tahapan pembangunan. Pada tahap pertama, yang dilaksanakan selama Februari ini, pengendara tidak bisa melewati Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi timur.

Lalu lintas dari arah timur (Bundaran Lapiazza) yang akan menuju selatan (Jalan Perintis Kemerdekaan) dialihkan melalui Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi barat atau dua arah.

Setelah itu, pada 1 sampai 30 Maret mendatang Dishub akan melakukan hal sama di jembatan sisi barat. Pengendara bisa menggunakan sebagian ruas Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi barat. Sehingga lalu lintas dari arah selatan (Jalan Perintis Kemerdekaan).

Baca juga: Ingat, Hari Ini Tarif Tol Dalam Kota Naik

Lalu yang akan menuju barat (Sunter) terjadi pengurangan lebar jalan, untuk mengakomodir lalu lintas di Jalan Boulevard Bukit Gading Raya sisi timur dengan dibuat dua arah.

Kemudian tahap ketiga pembangunan rencananya dilakukan pada 20 Maret - 20 April 2020, dengan pengerjaan pengecoran, aspal dan finishing jembatan. Tahap terakhir dilaksanakan pada 1 Mei 2020.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com