Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti dari Kode atau Angka pada Permukaan Ban

Kompas.com - 19/12/2019, 06:22 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Selama ini banyak yang beranggapan, kode angka pada ban kendaraan berkaitan dengan umur ban. Padahal, sejatinya inisial yang terdiri dari empat angka itu hanya sebagai penanda waktu produksi.

Kode tersebut merupakan aturan internasional yang harus dipatuhi. Keberadaannya ternyata tidak berkaitan dengan usia ban atau kadaluarsa.

Manager Proving Ground Bridgestone Zulpata Zainal menjelaskan, kode empat angka pada ban memiliki arti waktu produksi ban.

Baca juga: Rotasi Ban Mobil Ada Aturannya

Dua angka di depan menunjukkan minggu. Sedangkan dua angka di belakang menunjukkan tahun pembuatan.

Misalkan, ban memiliki kode 1315 berarti ban tersebut dibuat pada minggu ke 13 pada tahun 2015.

Ilustrasi alat bengkel ban mobilKOMPAS.com/Gilang Ilustrasi alat bengkel ban mobil

“Kode produksi tersebut tidak ada kaitanya dengan kedaluwarsa ban. Kode itu hanya berfungsi sebagai tanda produksi untuk kepentingan internal perusahaan,” kata Zulpata beberapa waktu lalu.

Baca juga: Empat Faktor yang Mempercepat Umur Ban

Pria yang akrab disapa Zul itu menambahkan, pada semua ban kode produksi wajib ada karena sudah aturan internasional. Kode tersebut memang menandakan kapan ban tersebut dibuat, tapi bukan jadi ukuran usia atau kedaluwarsa ban.

Zul melanjutkan, bila keberadaan kode produksi dibutuhkan sebagai sebuah note production dari perusahaan ban yang memproduksinya. Hal ini penting untuk mengidentifikasi ban bila sewaktu-waktu ada masalah dalam hal kualitas.

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

"Contoh, bila ternyata ban ada masalah dan tidak lulus quality control. Itu tinggal dipantau dari kode produksinya saja. Minggu keberapa tahun berapa,” katanya.

Hal ini, sambungnya tidak lain untuk memudahkan. Sehingga tidak harus sampai melakukan pengecekan ribuan ban yang sudah diproduksi.

Namun begitu, Zul menegaskan dari kode produksi tersebut bisa menandakan habisnya masa jaminan ban dari pihak pabrikan. Biasanya masa jaminan itu akan hangus dalam masa lima tahun dari sejak ban tersebut diproduksi.

Baca juga: Benarkah Ban Punya Masa Kedaluwarsa?

Zul mencontohkan bila kodenya "1712", artinya ada minggu ke 17 di tahun 2012 ban tersebut diproduksi. Bila ban sampai tahun 2018, maka usia ban tersebut sudah enam tahun.

Pentingnya mengecek tekanan udara ban mobil Pentingnya mengecek tekanan udara ban mobil

Sehingga, masa jaminanya telah habis. Tapi bukan berarti itu telah melewati masa kedaluwarsa.

"Selama ban itu masih baik dalam hal kondisi, maka tidak masalah meski masa jaminanya habis. Seperti yang saya katakan sebelumnya, tidak ada masa kedaluwarsa pada ban, tapi bukan berarti bisa digunakan seamannya, ban juga bisa rusak seiring penggunaan dan minimnya perawatan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com