Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Lampu "Knight Rider" atau Alis DRL di Mobil Itu Rumit

Kompas.com - 05/07/2019, 11:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara untuk membuat mobil kesayangan menjadi lebih menarik dan terkesan modern. Salah satu yang kerap dipilih pengguna mobil kebanyakan saat ini adalah menambahkan lampu Daytime Running Light (DRL) LED atau biasa disebut alis dengan warna mencolok.

Lampu DRL LED ini tidak hanya bisa berfungsi untuk lampu kota melainkan juga dapat dijadikan lampu sein. Sehingga saat sein menyala konfigurasi lampu tidak lagi berkedip melainkan nampak bergerak dari dalam ke luar, seperti lagi menunjukkan sesuatu.

"Orang biasanya menyebut lampu itu "Knight Rider" (salah satu acara TV ternama pada tahun 1990-2000 an). Saat ini cukup ramai yang pesan dan bisa digunakan oleh seluruh mobil kecuali buatan Eropa," kata Rico, pemilik Shine Auto Light saat berbincang bersama Kompas.com di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Baca Juga : Plus-minus Percantik Lampu Mobil

Walaupun terlihat cukup sederhana, pemasangan lampu "Knight Rider" ternyata tidak mudah. Sehingga baiknya, kata Rico, pemasangan diserahkan kepada ahlinya saja.

"Jangan dipasang sendiri karena harus bongkar headlamp dahulu, bukan plug-n-play. Jadi ada berbagai hal yang harus disesuaikan. Jika dipaksa, bisa-bisa mika lampu menjadi rusak atau wiring bermasalah," kata Rico.

Ragam lampu mobil yang dijual oleh salah satu toko spare parts di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.Fachri Fachrudin Ragam lampu mobil yang dijual oleh salah satu toko spare parts di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

Hal tersebut juga disetujui Arle dari MVD Car Accessories. Menurutnya, pemasangan sendiri lampu "Knight Rider" ialah sia-sia. Sebab selain diperlukan teknisi yang sudah terbiasa membongkar lampu mobil, alat yang tepat juga diperlukan.

"Membongkar headlamp itu biayanya cukup mahal. Jadi lebih baik dikerjakan oleh orang yang memang sudah berpengalaman dan memiliki alat untuk melakukan hal tersebut, ke bengkel spesialis. Kalau memaksakan diri, membuang uang saja," ujarnya.

Baca Juga : Ragam Modifikasi Lampu Mobil, Ada Jenis Lampu Knight Rider

Terkait daya yang diperlukan untuk lampu berjenis ini sendiri sangat kecil. Karena sejatinya adalah lampu LED hanya saja memiliki konfigurasi cukup unik. "Tidak sampai 10 watt, tergantung warna juga sebenarnya," kata Arle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com